PRESIDEN SUSILO BAMBANG YUDHOYONO

Bekerja dengan Baik, Pilih yang Terbaik, Contreng Baik-baik

Pertemuan SBY-Taro Aso: Jepang Beri Dukungan 15,4 Miliar Dolar AS

leave a comment »

PRESIDEN Susilo Bambang Yudhoyono melakukan pertemuan bilateral dengan PM Jepang Taro Aso di Hotel Intercontinental, London, Rabu (1/4) siang waktu setempat atau malam di Indonesia. Pembicaraan membahas kelanjutan dukungan Jepang kepada Indonesia untuk mengatasi dampak krisis keuangan global.
PM Taro Aso, ujar Menko/Plt. Perekonomian Sri Mulyani seusi mendampingi Presiden SBY dalam pertemuan tersebut, menjelaskan langkah-langkah yang diambil Jepang untuk mengurangi dampak negatif dari krisis ekonomi dunia. “Salah satu inisiatif baru adalah dengan memberikam atau menambahkan sebanyak 20 miliar dolar AS kepada seluruh negara di Asia dalam bentuk Overseas Development Assistance dan 22 miliar dolar AS dalam bentuk trade financing support kepada seluruh dunia. Hal ini merupakan komitmen Jepang terhadap dunia untuk bisa mengurangi dampak krisis terhadap negara-negara berkembang dan utamanya di Asia. Ini diperuntukkan untuk tahun 2009-2010,” Sri Mulyani menjelaskan.
Selain itu, Taro Aso juga menyampaikan agenda-agenda lanjutan dari pembahasan kedua belah pihak berkaitan dengan dukungan Jepang kepada Indonesia untuk menangani krisis perekonomian global. Diantaranya, Jepang akan meningkatkan pemberian fasilitas swap bilateral dalam rangka inisiatif, dari semula 6 miliar menjadi 12 miliar dolar AS. Jepang juga memberikan contingent budget support (dukungan untuk APBN) yang bersifat berjaga-jaga dalam bentuk Samurai Bond Issue (Obligasi Samurai). “Obligasi Samurai bisa diterbitkan oleh pemerintah Indonesia di Jepang dalam rangka pendanaan defisit APBN Indonesia. Jumlah contingent support ini adalah 1,5 miliar dolar AS,” Sri Mulyani menambahkan.
Pemerintah Jepang juga memberikan pinjaman reguler sebesar 500 juta dolar AS. Selain itu, Jepang juga meningkatkan dukungan kepada Indonesia dalam bentuk suatu fasilitas trade promotion baru yang di dalamnya termasuk fasilitas trade financing senilai 0,5 miliar dolar. Jadi total seluruh dukungan Jepang ke Indonesia dengan adanya krisis ini adalah berjumlah 15,4 miliar dolar AS. “Jepang juga memberikan project financing di Indonesia sebesar 2,4 miliar dolar,” Sri Mulyani menjelaskan.
Selain itu, ada dua masalah non ekonomi yang juga disampaikan PM Jepang kepada Indonesia. Yakni, Jepang meminta dukungan berkaitan dengan persoalan nuklir Korea Utara dan bagaimana membantu Afghanistan yang dianggap memiliki masalah di dalam negeri yang pelik. “Indonesia sebagai negara muslim terbesar diminta untuk membantu upaya-upaya agar dapat mengatasi masalah itu,” kata Sri Mulyani.
Dalam pertemuan dengan PM Taro Aso ini Presiden SBY juga didampingi oleh Menlu Hassan Witajuda, Mendag Mari E.Pangestu, Menneg LH Rachmat Witoelar, dan Juru Bicara Kepresidenan Dino Patti Djalal. (presidensby.info)

Written by sbyinfo

April 3, 2009 at 2:52 am

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: