PRESIDEN SUSILO BAMBANG YUDHOYONO

Bekerja dengan Baik, Pilih yang Terbaik, Contreng Baik-baik

SBY Berharap KTT G-20 Hasilkan Langkah Nyata Bersama

leave a comment »

SEBAGAI tuan rumah KTT G-20, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berharap Inggris memainkan peranannya agar KTT ini menghasilkan langkah nyata bersama-sama untuk mengatasi krisis global. Harapan ini disampaikan Presiden SBY dalam pertemuan dengan PM Gordon Brown di Downing Street 10, London, Selasa (31/3) siang waktu setempat atau malam di Indonesia.
“Saya berharap tadi melalui PM Brown sebagai ‘host’ untuk betul-betul bisa dicapai konsensus. Dengan demikian, kita tunjukkan ‘we are united’,” tutur Presiden saat kon ferensi pers menjelaskan hasil pertemuan dengan PM Brown.
Tanpa kebersamaan dan tanpa konsensus, presiden mengatakan, dibutuhkan waktu lebih lama lagi bagi dunia untuk keluar dari kondisi krisis keuangan.
Pertemuan antara kedua pemimpin pemerintahan itu berlangsung sekitar 20 menit.
Ketika rombongan Presiden Yudhoyono yang didampingi oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu, Menteri Luar Negeri Hassan Wirajuda, dan Menteri Negara Lingkungan Hidup Rachmat Witoelar tiba di Downing Street 10, Gordon Brown ke luar dari kediamannya dan menyambut presiden.
Presiden Yudhoyono dan PM Brown lalu bersalaman dan sempat memberi kesempatan media massa untuk memotret keduanya. Dalam pembicaraan tentang G20, Presiden Yudhoyono menyatakan kepada PM Brown bahwa Indonesia mendukung penuh pelaksanaan pertemuan G20 dan berharap forum itu dapat menghasilkan aksi nyata internasional yang terkoordinasi agar dunia dapat keluar dari kondisi krisis keuangan.
“Begitu juga saya menggarisbawahi pentingnya ‘global financial architectur reform’ yang tentunya bisa membikin lebih kredibel semua international financial institution,” tutur Presiden.
Pada tataran bilateral, Presiden Yudhoyono dan PM Brown berkomitmen untuk meningkatkan kerja sama perdagangan dan investasi antara kedua negara.
Pada 2008, volume perdagangan Indonesia-Inggris mencapai 2,4 miliar dolar AS dan Inggris selama lima tahun terakhir adalah investor nomor dua terbanyak di Indonesia.
Pada pembicaraan tersebut, Presiden Yudhoyono mengajak Inggris, khususnya British Petroleum untuk berinvestasi di bidang energi biofuel, serta meningkatkan kerja sama di bidang pariwisata.
Selain itu, Indonesia dan Inggris sepakat untuk melanjutkan kerja sama di bidang pencegahan terorisme dan meningkatkan forum kerja sama Islamic Advisory Council melalui tukar-menukar ulama antara kedua negara.
Sedangkan di tingkat regional, Presiden Yudhoyono dan PM Brown membicarakan masalah demokratisasi Myanmar.
“Saya menekankan pada beliau bahwa kita harus mendukung proses demokratisasi yang sedang terjadi di Myanmar melalui Pemilu yang akan dilaksanakan tahun depan,” tutur presiden.
Kepada PM Brown, Presiden menegaskan dukungan Indonesia terhadap proses demokratisasi Myanmar dan berharap pemilu tahun depan dilaksanakan secara inklusif, transparan, kredibel, dan mengajak semua pihak untuk terlibat. (Antara)

Written by sbyinfo

April 1, 2009 at 2:13 am

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: