PRESIDEN SUSILO BAMBANG YUDHOYONO

Bekerja dengan Baik, Pilih yang Terbaik, Contreng Baik-baik

Presiden: Investor Asing Ingin Pemilu Berjalan Damai

leave a comment »

PRESIDEN Susilo Bambang Yudhoyono Selasa (24/3) siang di Istana Merdeka berdiskusi dengan perwakilan International Chambers of Commerce di Indonesia. Dalam diskusi itu dibahas banyak hal yang berkaitan dengan iklim investasi dalam negeri, dan langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan bersama untuk menghadapi resesi global yang akan dihadapi kedepan, kata Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu usai pertemuan. “Dibahas juga bagaimana kita bisa mempertahankan pertumbuhan semaksimal mungkin di 4,5 persen secara bersama-sama,” tambahnya.
Pertemuan tersebut dihadiri lebih kurang 40 perwakilan dari kamar dagang asing yang berada di Indonesia bersama dengan KADIN Indonesia, diantaranya American Chamber of Commerce, International Business Chamber, Jakarta Japan Club, British Chamber of Commerce, dan Euro Chambers.
“Ini adalah kedua kalinya Presiden SBY melakukan dialog semacam ini secara terbuka dan mendalam. Tetapi tentunya di pertemuan-pertemuan lain sering juga diakukan pertemuan dengan berbagai perwakilan. Yang jelas di tingkat Menko dan Menteri, kita juga sering melakukan pembahasan yang sama,” tegas Mari.
Menurut Ketua KADIN, MS. Hidayat, KADIN mengatur pertemuan ini dengan kolega dari luar negeri mengingat total invesment Indonesia tahun 2008 kurang lebih 17 milyar US dollar. ”Dari jumlah itu, 14,5 US dollar diantaranya berasal dari direct investment dari luar negeri, sehingga kami menganggap sangat penting peranan mereka untuk tetap melakukan investasi di Indonesia meskipun situasi krisi dunia menerpa kita semua. Kelihatannya mereka terus bertekad melakukannya,” kata Hidayat.
”Secara terus terang selama dua setengah jam mereka berdiskusi bersama Presiden SBY dan memberikan pendapatnya mengenai apa saja yang harus diperbaiki di Indonesia, agar Indonesia tetap menjadi tempat untuk melakukan investasi. Tujuan kita memang untuk melakukan dialog seperti itu sehingga pemerintah mendapat masukan langsung dari mereka,” jelasnya.
Mengenai makin dekatnya pesta demokrasi pemilihan umum, Ketua American Chamber of Commerce, James Castle menegaskan pentingnya pemilu yang damai, terbuka dan adil di Indonesia, yang hasilnya dapat diterima dengan baik di masyarakat. “Sebagai investor asing di sini, kami mempunyai komitmen untuk bekerjasama dengan pemerintah Indonesia. Kami akan bekerjasama dengan siapa saja yang dipilih rakyat Indonesia. Kami diterima dengan baik oleh pemerintah ini. Jadi kita berharap semangat kerjasama yang selalu ada pada pemerintah Indonesia dapat diteruskan,” terang James.
”Saya yakin investor-investor asing baik dari Jepang, Eropa atau dari manapun akan lebih senang berada di Indonesia karena kami memang percaya bahwa Indonesia adalah tempat yang bagus dan selamat bagi investor. Sekarang ini pemerintah Indonesia baik dengan kami, Presiden SBY berdiskusi dengan kami. Artinya beliau mempunyai minat untuk mendorong dan memahami aktivitas kami disini. Itu sangat berarti bagi kami,” kata James Castle. (presidensby.info)

Written by sbyinfo

March 26, 2009 at 10:02 am

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: