PRESIDEN SUSILO BAMBANG YUDHOYONO

Bekerja dengan Baik, Pilih yang Terbaik, Contreng Baik-baik

Presiden Diskusi dengan Kadin Internasional

leave a comment »

PRESIDEN Susilo Bambang Yudhoyono menghadiri diskusi dengan perwakilan International Chambers of Commerce di Indonesia di Istana Merdeka, Selasa (24/3). Menurut Menteri Perdagangan Mari E. Pangestu dalam pengantarnya, tujuan dari diskusi ini adalah untuk berdialog dan memberikan masukan serta berbagi pengalaman bagaimana pengusaha dan pemerintah menghadapi krisis dan mencari peluang di tengah krisis.
Di awal sambutannya, Presiden SBY mengucapkan terimakasih kepada para Presiden Director dan CEO yang hadir atas kontribusi dan kepercayaan mereka terhadap Indonesia. “Anda sudah bersama kami untuk waktu yang lama. Anda berbagi kejayaan dan masa susah kami. Anda bukan hanya bekerja di Indonesia, tetapi juga mengetahui apa yang terbaik bagi kami. Terimakasih anda telah berbagi informasi tentang Indonesia kepada pihak lain,” kata SBY.
“Saya sangat yakin bahwa penyembuhan bagi krisis global ini tergantung pada tiga level, yaitu nasional level, regional level, dan global level. “Itulah mengapa pertemuan G20 mendatang sangat penting. Saya tersanjung menjadi bagian dari pertemuan penting tersebut di London. Saya berharap pertemuan London akan menghasilkan proposal yang kongkrit untuk mengatasi ekonomi dunia, termasuk rencana yang jelas untuk mengatasi aset buruk bank,” tambahnya.
Presiden SBY mengungkapkan rasa optimismenya tentang masa depan ekonomi Indonesia. “Ini disebabkan beberapa alasan,” tegasnya. “Pertama, kerugian ekonomi kami dari krisis keuangan global telah dibatasi. Ekspor kami hanya 29 persen dari GDP kami, yang tetap berjalan karena konsumsi domestik. Ekspor kami tentu juga terkena dampak dan sektor manufaktur menderita, tetapi dampaknya masih bisa diatasi,” jelas SBY.
”Kedua, saya optimis pada stimulus fiskal kami. Sekarang meningkat Rp. 73.3 trilyun pada berbagai program pro rakyat. Ketiga, sektor perbankan Indonesia lebih sehat dibandingkan tahun 1997. Keempat, kami diuntungkan dengan haraga minyak yang lebih rendah,” SBY menjelaskan.
Presiden SBY juga menjelaskan keadaan politik dan keamanan Indonesia pada masa pemilu ini. ”Kami berhasil mengembangkan iklim politik yang lebih baik, politik jujur. Keberhasilan terbaik kami adalah kami berhasil mengawinkan demokrasi dengan stabilitas,” jelasnya. Oleh karena itu Presiden SBY menyarankan para investor dan perusahaannya untuk tidak ragu-ragu membuat rencana, mengeksplore, berinvestasi, dan mengembangkan bisnis di Indonesia.
Hadir dalam diskusi tersebut antara lain, Menko Polhukkam Widodo AS, Menko Perekonomian Sri Mulyani, Mensesneg Hatta Rajasa, Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro, Menhub Jusman Syafi’i Djamal, Menkes Siti Fadillah Supari, Mendag Mari E. Pangestu, Ketua Kadin M.S. Hidayat, dan Kapolri Bambang Hendarso Danuri. (presidensby.info)

Written by sbyinfo

March 26, 2009 at 9:59 am

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: