PRESIDEN SUSILO BAMBANG YUDHOYONO

Bekerja dengan Baik, Pilih yang Terbaik, Contreng Baik-baik

Presiden Yakinkan Pengusaha, Pemerintah Atasi Krisis

leave a comment »

PRESIDEN Susilo Bambang Yudhoyono bertemu dengan sekitar 30 investor luar negeri dan pengusaha lokal yang tergabung dalam Kadin Indonesia guna meyakinkan mereka bahwa pemerintah bisa mengatasi dampak krisis keuangan global.
Pada pertemuan itu yang berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (24/3) Presiden juga meminta pandangan mereka tentang bagaimana cara terbaik agar Indonesia mampu mencapai pertumbuhan ekonomi 4,5 persen.
“Kalian tidak hanya bekerja di Indonesia, tetapi juga tahu apa yang bekerja untuk Indonesia,” ujar Presiden dalam sambutan yang disampaikan dalam Bahasa Inggris.
Dalam sambutannya, Yudhoyono juga meminta masukan para investor luar negeri serta pengusaha lokal guna mencari jalan keluar bersama dari krisis keuangan global.
Presiden kembali membeberkan tujuh prioritas utama di bidang perekonomian guna menghadapi dampak krisis keuangan, di antaranya menekan angka pengangguran, mengontrol inflasi, serta mempertahankan daya beli masyarakat.
Kepada para pengusaha, Presiden menyampaikan bahwa dalam kondisi krisis global yang menciutkan pasar ekspor perekonomian Indonesia masih bertahan karena volume ekspornya hanya 29 persen dari produk domestik bruto.
Presiden juga menyampaikan pemerintah siap menggelontorkan stimulus fiskal senilai Rp73,7 triliun dalam berbagai skema yang telah dicairkan sebagian sejak Januari dalam bentuk pemotongan pajak.
Tidak seperti kondisi krisis yang dihadapi pada 1997, Presiden mengatakan kepada para pengusaha bahwa saat ini kondisi perbankan Indonesia lebih sehat dan stabil.
Usai memberikan sambutan, Presiden Yudhoyono yang didampingi oleh beberapa menteri Kabinet Indonesia Bersatu kemudian mendengarkan masukan, pandangan, dan keluhan para pengusaha dalam sesi yang tertutup dari liputan media.
Menteri yang hadir untuk merespon masukan para pengusaha itu antara lain Menteri Perdagangan Mari Pangestu, Plt Menko Perekonomian Sri Mulyani, Meneg BUMN Sofyan Djalil, Menperin Fahmi Idris, Mensesneg Hatta Radjasa, Menko Polhukam Widodo AS, serta Kapolri Jend Pol Bambang Hendarso Danuri.
Sedangkan investor luar negeri yang hadir antara lain dari Chevron, Exxonmobil, Bayer, Panasonic dan pengusaha lokal yang diwakili Ketua Umum Kadin,MS Hidayat dan beberapa pengurusnya seperti Anindya Bakrie dan Sandiaga Uno. (Antara)

Written by sbyinfo

March 24, 2009 at 12:29 pm

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: