PRESIDEN SUSILO BAMBANG YUDHOYONO

Bekerja dengan Baik, Pilih yang Terbaik, Contreng Baik-baik

Presiden Berharap Pemilu Aplikasikan Nilai-nilai Olahraga

leave a comment »

10490

PESERTA RAPAT TAHUNAN KONI: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menerima peserta Rapat Anggota Tahunan (RAT) KONI 2009 di Istana Negara, Rabu (18/3/2009). (haryanto/presidensby.info)

PRESIDEN Susilo Bambang Yudhoyono berharap agar nilai-nilai yang terdapat dalam olahraga dapat diaplikasikan dalam setiap sisi kehidupan, termasuk pemilihan umum.
“Harapan saya pelajaran banyak dari olahraga dapat diaplikasikan dalam setiap sisi kehidupan, kehidupan apa saja,” kata Presiden saat menerima peserta rapat anggota tahunan KONI di Istana Negara, Jakarta, Rabu (18/3).
Presiden mengatakan bahwa dalam olahraga terdapat aturan-aturan dan nilai-nilai sportivitas mengenai pihak yang menang dan kalah, sebagaimana halnya apa yang seharusnya ada dalam pemilihan umum.
Kepala Negara kemudian mengatakan bagaimana ia sebagai penggemar olahraga voli mengapresiasi kebiasaan para atlit voli yang kemudian saling berjabat tangan seusai pertandingan.
“Kalau masyarakat gemar berolahraga sejak dini maka melekat nilai-nilai itu,” katanya. Menurut Presiden, para atlit berlatih dengan baik supaya menang dalam pertandingan, demikian juga para kandidat dalam pemilu melakukan ikhtiar untuk menang.
Pada kesempatan itu Presiden juga menekankan komitmennya pada perkembangan olahraga nasional. Ia mengatakan bahwa sebagai wujud dari komitmennya itu ia selalu menyempatkan diri menyaksikan acara-acara olahraga, selain karena memang secara pribadi menyukainya juga untuk memberikan semangat dan dukungan pada para atlit, serta mendorong terwujudnya masyarakat yang mengapreasi dunia olahraga.
Presiden juga berharap agar prestasi olah raga Indonesia dapat terus meningkat dari masa ke masa sehingga negara-negara di dunia menaruh hormat. Ia mencontohkan keberhasilan Indonesia menaikkan citranya di mata dunia internasional dalam lima tahun terakhir, antara lain dengan masuknya Indonesia dalam kelompok ekonomi dunia 20 atau G20.
Oleh karena itu, lanjut Kepala Negara, harus ditetapkan kebijakan dan strategi yang tepat agar prestasi olah raga Indonesia meningkat dari waktu ke waktu. “Saya yakin jika dilakukan dengan benar (prestasi) olahraga kita bisa meningkat,” katanya seraya mengatakan bahwa Indonesia hendaknya dapat menjadi tempat yang penuh peluang dan kesempatan untuk mewujudkan mimpi. Pada acara tersebut Presiden didampingi oleh Menpora Adhyaksa Dault, Mensesneg Hatta Rajasa, Menko Kesra Aburizal Bakrie, dan Mendiknas Bambang Sudibyo.
Sementara itu rapat anggota tahunan KONI diikuti oleh seluruh Induk Organisasi Olahraga yang berjumlah 49 dan 33 perwakilan KONI provinsi di seluruh Indonesia. Menurut Ketua Umum KONI Rita Subowo, rapat anggota yang berlangsung selama dua hari, 17-18 Maret, itu dibahas persiapan Indonesia dalam enam multi event di tahun 2009.
Keenam multi event yang akan diikuti oleh Indonesia itu adalah Asian Martial Arts pada 25 April-3 Mei di Bangkok, Asian Youth Games I di Singapura 29 Juni-7 Juli 2009, Islamic Solidarity Games II di Iran 15-29 Oktober 2009, Asian Indoor Games III di Vietnam 2-12 November 2009, SEA Games XXV di Laos Desember 2009 dan Para Games XXV (penyandang cacat) Agustus 2009 di Malaysia. Pada kesempatan itu Rita juga mengatakan bahwa rapat anggota tahunan tersebut juga membahas mengenai kesiapan provinsi Riau menjadi tuan rumah PON ke-18 tahun 2012.
Rita juga mengatakan bahwa Indonesia diminta untuk mengikuti “lelang” pencalonan diri sebagai tuan rumah Olimpiade Remaja II pada 2014. Rapat tersebut juga membahas kesuksesan Indonesia menjadi tuan rumah Asian Beach Games I di Bali Oktober 2008. (Antara)

Written by sbyinfo

March 19, 2009 at 3:02 am

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: