PRESIDEN SUSILO BAMBANG YUDHOYONO

Bekerja dengan Baik, Pilih yang Terbaik, Contreng Baik-baik

Presiden SBY: Wajar Kaum Muda RI-Malaysia Kadang Berbeda Pandangan

leave a comment »

WAJAR jika sekali-sekali terjadi perselisihan atau perbedaan pandangan antara kaum muda Indonesia dan Malaysia dalam interaksi sebagai negara tetangga. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan hal ini dalam keterangan pers bersama PM Malaysia Abdullah Badawi, usai pertemuan konsultasi di Ruang Kredensial, Istana Merdeka, Selasa (17/3).
”Soal perselisihan, sekali-sekali berbeda pandangan, saya menganggapnya wajar. Kita ini sahabat dekat, tetangga dekat, pastilah dalam interaksi dari semua kedekatan itu sekali-kali ada perbedaan pandangan,” kata SBY.
Indonesia tidak punya masalah dengan Honduras atau Irlandia, misalnya, karena secara geografis kedua negara tersebut sangat jauh. “Tetapi dengan Malaysia setiap hari ketemu pastilah seperti keluarga sendiri, ada perbedaan-perbedaan pendapat. Yang penting kejernihan dan kearifan para pemimpin, para tokoh, kita semua, mengelola ini dengan baik,” SBY menambahkan.
Mengenai kaum muda, lanjut SBY, dalam pertemuan tadi dibahas secara mendalam. Mengingat kaum muda Malaysia dan Indonesia adalah mereka-mereka yang nantinya akan melanjutkan kepemimpinan di negaranya masing-masing. ”Bagi kami, kaum muda ini adalah investasi masa depan sekaligus, kalau menyangkut hubungan dan kerjasama bilateral, mereka juga akan berperan di waktu yang akan datang,” Presiden menjelaskan.
Menurut Presiden, dalam pertemuan konsultasi tahunan ini dibahas wilayah-wilayah praktis sampai strategis. ”Saya dan Pak Lah (PM Abdullah Badawi), misalnya, sejak 4 tahun yang lalu aktif untuk menjembatani, mengakrabkan hubungan antara gerakan Pramuka Indonesia dengan Pengakap di Malaysia dan alhamdulillah hingga saat ini berkembang dengan baik,” ujar SBY.
”Kami juga menfasilitasi pertemuan organisasi kepemudaan. Ini juga contoh dan dalam rangka menindaklanjuti rekomendasi EPG agar pendekatan budaya diantara kedua bangsa ini juga dilakukan. Kami juga ingin generasi muda banyak berperan di situ, dengan demikian sedini mungkin mereka sudah saling akrab termasuk pendidikan yang dihadiri oleh pelajar-mahasiswa baik dari Malaysia ke Indonesia maupun dari Indonesia ke Malaysia. Semua mesti kita lakukan dengan baik, demi investasi kaum muda kita di masa depan,” Presiden menuturkan.
Seusai melakukan pertemuan konsultasi tahunan, kedua pemimpin dijadwalkan akan menerima rekomendasi dari EPG Indonesia dan Malaysia tentang upaya-upaya peningkatan dan pengembangan hubungan bilateral, di istana Negara. Pada kesempatan itu pula kedua pemimpin akan membuka secara resmi dialog ”Membangkitkan Memori Kolektif Kesejarahan Antarbangsa” yang digagas oleh EPG Indonesia dan Malaysia. (presidensby.info)

Written by sbyinfo

March 18, 2009 at 2:22 am

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: