PRESIDEN SUSILO BAMBANG YUDHOYONO

Bekerja dengan Baik, Pilih yang Terbaik, Contreng Baik-baik

Presiden SBY: Rekomendasi EPG Penting

leave a comment »

10475SEJARAH mencatat dengan tinta emas bahwa hubungan RI-Malaysia memiliki hubungan yang sangat istimewa, terbentang jauh dari masa lampau melintasi perjalanan waktu yang sangat panjang hingga saat ini. Hubungan itu terbangun tidak hanya karena kedekatan secara geografis tetapi juga memiliki kedekatan historis, kesamaan budaya, dan rasa persaudaraan yang erat.
“Dalam rentang sejarah yang panjang itu tentu saja sekali-kali ada perbedaan pandangan diantara kedua negara kita. Namun dengan hubungan persahabatan dan hubungan persaudaraan yang kokoh kita selalu dapat menjembatani dan mencari jalan keluar terbaik,” ujar Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat menghadiri pembukaan Dialog `Membangkitkan Memori Kolektif Kesejahteraan Antarbangsa` di Istana Negara, Selasa (17/3) siang. “Kedua negara sepakat untuk lebih mementingkan kemaslahatan bersama daripada semata-mata hanya untuk memenuhi kepentingan masing-masing,” SBY menambahkan.
Menurut Presiden SBY, pertemuan kali ini terasa istimewa karena secara resmi kedua kepala negara/pemerintahan menerima rekomendasi dari EPG Indonesia-Malaysia. “Rekomendasi yang sangat penting untuk lebih mengukuhkan persahabatan kedua negara. Saya secara pribadi dan atas nama pemerintah serta seluruh bangsa Indonesia mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada pimpinan dan anggota EPF Indonesia – Malaysia. Saudara-saudara telah mendedikasikan pikiran dan tenaga untuk sebuah tujuan bersama yaitu terbangunnya persahabatan dan hubungan antara bangsa yang lebih kokoh dan senantiasa berkembang kearah yang lebih baik,” SBY menerangkan.
“Dengan niat yang tulus dan sumbang pikiran bersama, EPG telah berhasil merumuskan rekomendasi di berbagai bidang. EPG telah berhasil merumuskan peningkatan hubungan people-to-people, sosial budaya, media, ekonomi, pendidikan, kepemudaan, dan lain-lain. Rekomendasi ini tentu mengingatkan kita betapa besarnya potensi kerjasama yang masih dapat terus digali Indonesia dan Malaysia,” ujar SBY.
Presiden meyakini, melalui dialog `Membangkitkan Memori Kolektif Kesejahteraan Antarbangsa`, kedua negara akan mampu menjembatani perbedaan, cara pandang, dan kesenjangan antar generasi. Dilaog ini juga akan membuka cakrawala dan spektrum yang luas dalam memperkuat sendi-sendi hubungan antar bangsa yang strategis dan menjangkau ke depan.
“Dialog yang tidak hanya terbatas pada kekinian hubungan bilateral kedua negara tetapi dialog yang mampu menghadirkan kemuliaan masa silam untuk kemudia menumbuhkan peradaban yang luhur di masa depan. Dialog yang mampu membangkitkan memori kolektif diantara kedua negara, menghadirkan ingatan kesejarahan serta sekaligus memberikan pencerahan dan penyegaran pemikiran-pemikiran kita bersama,” jelas SBY.
Sedangkan PM Malaysia Dato Seri Abdullah Ahmad Badawi berharap, hubungan yang erat dan harmonis antar kedua negara harus dapat terus dipupuk dan dikembangkan untuk selama-lamanya. “Petemuan kali ini sekali lagi membuktikan komitmen kita bersama untuk meningkatkan hubungan kedua negara. Pertemuan tahunan seperti ini sangat penting untuk menyelaraskan hubungan,” tegas PM Badawi.
”Rekomendasi yang diserahkan Ketua EPG masing-masing negara menjadi satu lagi lambang persahabatan yang istimewa antara Indonesia-Malaysia. Malaysia senantiasa menganggap Indonesia sebagai sahabat akrab yang sangat penting. Saya berpendapat segala masalah yang terjadi, perlu diselesaikan satu-persatu dengan semangat setia kawan,” kata Badawi. (presidensby.info)

Written by sbyinfo

March 18, 2009 at 2:27 am

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: