PRESIDEN SUSILO BAMBANG YUDHOYONO

Bekerja dengan Baik, Pilih yang Terbaik, Contreng Baik-baik

Presiden: Peran Pemimpin Penting untuk Memperkokoh Kerjasama RI-Malaysia

leave a comment »

10480PRESIDEN Susilo Bambang Yudhoyono berkeyakinan hubungan strategis Indonesia-Malaysia akan terus berlanjut, meskipun pada saatnya nanti PM Abdullah Ahmad Badawi akan meninggalkan panggung pemerintahan. Presiden mengatakan hal ini dalam keterangan pers bersama PM Badawi, usai pertemuan konsultasi, di Ruang Kredensial, Istana Merdeka, Selasa (17/3).
“Peran dan faktor pemimpin itu menentukan dalam memelihara hubungan baik kedua bangsa. Oleh karena itu sejak awal saya menjalin hubungan pribadi dengan Pak Lah (PM Abdullah Badawi) untuk memastikan apabila ada sesuatu menyangkut antara Indonesia dan Malaysia akan diselesaikan dengan jernih, mencari solusi untuk, sekali lagi, memelihara hubungan yang strategis ini,” ujar SBY.
Menurut Presiden, keinginan untuk memelihara dan memperkokoh kerjasama kedua negara bukan hanya keinginan pemimpin yang sedang memimpin, tapi hakikatnya keinginan dan kepentingan kedua bangsa. “Kalau ini merupakan keinginan dan semangat dari Indonesia dan Malaysia, pastilah semua pikiran-pikiran yang baik akan terus berlanjut meskipun pada saatnya nanti Pak Lah yang menjadi sahabat Indonesia akan meninggalkan panggung pemerintahan, kemudian suatu saat saya juga akan tidak berada di pemerintahan,” kata SBY “Tapi kapanpun, menurut keyakinan saya, semangat dan upaya bersama ini akan terus berlanjut menembus dimensi ruang dan waktu, karena sekali lagi ini betul-betul keluar dari pikiran kedua bangsa. Dengan cara pandang seperti itu saya tidak punya kecemasan apabila terjadi proses demokrasi di kedua negara, apa yang kita rintis dengan membentuk Eminent Person Group (EPG) ini, insya Allah, akan bisa berlanjut,” SBY menandaskan.
Pemerintah terus memberi kesempatan pemuda atau pengusaha muda kedua negara untuk berinteraksi. Pada pertemuan konsultasi ke-6 ini hadir tokoh muda Sandiago Uno dari Kadin Indoensia. “Selama ini memang kita beri ruang. Sekaran ini memang era horisontal, semua bisa menjemput dan menemukan sendiri peluang-peluang yang ada, tidak harus semuanya serba didorong pemerintah,” SBY menjelaskan.
Sementara itu PM Malaysia Abdullah Badawi menyampaikan penghargaan yang tinggi atas apa yang telah dicapai dalam konsultasi tahunan antara Indonesia dan Malaysia ini. ”Berbagai permasalahan yang terjadi antara kedua negara dapat dicarikan solusinya. Selain itu dicapai pula kerjasama perdagangan dan membahas ketahanan pangan, ketahanan energi, pendidikan dan masalah tenaga kerja dan pariwisata,” kata Badawi. (presidensby.info)

Written by sbyinfo

March 18, 2009 at 2:20 am

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: