PRESIDEN SUSILO BAMBANG YUDHOYONO

Bekerja dengan Baik, Pilih yang Terbaik, Contreng Baik-baik

SBY: Pertemuan Mega-JK Wajar Sebagai Dinamika Politik

leave a comment »

104401PRESIDEN Susilo Bambang Yudhoyono tidak mempunyai pikiran negatif terhadap pertemuan Megawati dan Jusuf Kalla yang dipahami dalam kapasitas Megawati sebagai Ketua Umum PIDP dan Jusuf Kalla sebagai Ketua Umum Partai Golkar. “Itu wajar dalam sebuah kegiatan dan dinamika politik. Apalagi kita sekarang sedang melaksanakan pemilu,” jelas SBY di Pendopo Puri Cikeas Indah, Minggu (15/3).
“Dalam politik apa pun bisa terjadi. Politik bukan matematis sehingga yang tidak dipikirkan oleh pihak lain, bisa terjadi. Apakah itu betul-betul menuju ke koalisi PDIP dan Golkar, saya tidak tahu. Yang mengetahuinya tentu Ibu Mega dan Pak Jusuf Kalla sendiri atau pimpinan PDIP dan Partai Golkar,” ujar SBY.
Apakah pertemuan Mega-JK itu jalan menuju koalisi untuk pemerintahan pasca 2009 nanti, Presiden SBY menjawab tidak memiliki pengetahuan yang cukup. “Kalau saya lihat statement-nya, baik-baik saja. Itulah memang bagaimana kita bekerja sama memperkuat pemerintahan agar pemerintah bisa menjalankan tugas pokoknya,” SBY menerangkan.
“Kalau ditanya, lantas bagaimana hubungan saya dengan Pak Jusuf Kalla kalau pada saatnya nanti berhadap-hadapan sebagai Capres? Saya rasanya pernah memberikan jawaban beberapa saat yang lalu terhadap pertanyaan yang sama. Kami ini memiliki etika dan etiket, andaikata suatu saat pun yang tadinya bersama-sama lantas berkompetisi, tentunya kompetisi dijalankan dengan baik dan dengan sehat. Ada batas kepatutannya,” lanjutnya.
“Dulu Pak Hamzah Haz berkompetisi dengan Ibu Megawati. Presiden dan Wakil Presiden dalam pemilu 2004 saling berkompetisi. Saya tidak melihat dulu Pak Hamzah Haz berkata yang jelek terhadap Ibu Megawati. Seingat saya Ibu Megawati juga demikian. Apalagi saya dulu, yang tadinya juga dalam kabinet, setelah saya di luar tidak pernah saya berkata jelek kepada Pak Hamzah Haz, Ibu Megawati termasuk juga kepada capres-capres yang lain,” papar SBY.
SBY menambahkan, sekarang kita hanya melakukan hipotesa-hipotesa. “Tapi saya punya keyakinan pada tingkat kita, insya Allah kita bisa memberikan contoh kepada rakyat dan publik, bahwa dalam kompetisi pun ada tata kramanya dan etikanya yang mesti kita junjung baik-baik agar memberikan pembelajaran demokrasi dan politik di tanah air,” tegasnya. (presidensby.info)

Written by sbyinfo

March 16, 2009 at 2:57 am

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

