PRESIDEN SUSILO BAMBANG YUDHOYONO

Bekerja dengan Baik, Pilih yang Terbaik, Contreng Baik-baik

Presiden: Krisis Global Ancam Keselamatan Manusia

leave a comment »

UNIVERSITAS PERTAHANAN INDONESIA

UNIVERSITAS PERTAHANAN INDONESIA: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (kanan) berbincang dengan Menhan Juwono Sudarsono (2 kanan), Ketua Komisi Pertahanan DPR, Theo L Sambuaga (4 kanan) dan sejumlah mahasiswa seusai meresmikan Universitas Pertahanan Indonesia di Istana Negara, Jakarta, Rabu (11/3/2009). (Antara)

PRESIDEN Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, apabila bangsa-bangsa di dunia gagal mengatasi krisis keuangan global yang terjadi saat ini, maka keselamatan umat manusia terancam.
Dalam kuliah perdana yang disampaikan Presiden pada peresmian Universitas Pertahanan Indonesia di Istana Negara, Jakarta, Rabu, Presiden mengatakan, di samping kondisi serba suram yang menghantui, di tengah kondisi krisis juga muncul peluang baru berupa kesadaran global untuk menyelamatkan kehidupan manusia di dunia.
Seluruh bangsa di dunia saat ini dalam berbagai forum seperti G20, APEC dan ASEAN, menurut Presiden, tengah duduk bersama untuk mencari solusi dari krisis global.
“Jika kita gagal mengatasi krisis ini, maka keamanan manusia sejagad akan terancam. Ini menyangkut pemenuhan kebutuhan dasar manusia,” tutur Presiden.
Sebagai salah satu pemimpin negara berkembang, Presiden Yudhoyono mengaku cemas krisis keuangan global yang terjadi sekarang ini akan menggagalkan target “Millenium Development Goals” pada 2012.
Krisis global saat ini, lanjut Presiden, jangan sampai membuat bangsa-bangsa di dunia melupakan target tersebut.
Kesadaran global yang berkembang saat ini untuk menyelamatkan dunia dari krisis keuangan, krisis pangan dan energi, serta krisis lingkungan, menurut Presiden, harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk menyelamatkan kehidupan dunia.
Presiden dalam kuliah perdananya menghargai kebijakan luar negeri Amerika Serikat yang kini mengedepankan “soft power” yang ditandai dengan kunjungan Menlu AS Hillary Clinton ke beberapa negara Asia dan Timur Tengah.
Ia berharap lebih banyak lagi negara yang mengedepankan “soft power” tersebut demi kehidupan dunia yang lebih baik di masa datang. Presiden Yudhoyono menyampaikan keyakinannya bahwa dunia yang adil, sejahtera, dan damai bukan impian utopis, melainkan cita-cita yang tidak pernah selesai yang harus terus dikerjakan oleh semua manusia, terutama pemimpin negara. (Antara)

Written by sbyinfo

March 11, 2009 at 6:01 am

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: