PRESIDEN SUSILO BAMBANG YUDHOYONO

Bekerja dengan Baik, Pilih yang Terbaik, Contreng Baik-baik

Indonesia-Korsel Sepakat Beri Waktu TKI Cari Pekerjaan Lain

leave a comment »

presiden060309-1PRESIDEN Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berharap kunjungan Presiden Republik Korea Lee Myung-bak dapat meningkatkan persahabatan dan kerjasama kedua negara di waktu yang akan datang. “Pertemuan bilateral berjalan dengan baik, produktif, dan membahas sejumlah isu baik bilateral, regional, maupun multilateral untuk kepentingan kedua negara serta negara-negara di kawasan,” kata Presiden SBY dalam keterangan pers bersama usai pertemuan bilateral di Istana Merdeka, Jumat (6/3) petang.
Hubungan dan kerjasama bilateral Indonesia dan Korea Selatan setelah kedua negara menandatangani deklarasi kemitraan strategis, berkembang dengan baik. “Sebagai contoh, di bidang ekonomi, perdagangan, dan investasi meningkat dengan baik. Perdagangan tahun 2008 mencapai hampir 20 miliar dolar AS atau naik hampir dua kali lipat dari perdagangan tahun 2007. Kami bersepakat, meskipun baik Korea maupun Indonesia sekarang ini mengalami kesulitan ekonomi sebagai dampak dari krisis keuangan global dan resesi perekonomian dunia, kami berusaha akan menjaga kerjasama perdagangan dan perekonomian yang lain,” SBY menjelaskan.
“Kami juga merumuskan langkah-langkah ke depan dalam kerjasama bilateral, antara lain mencakup kerjasama di bidang teknologi komunikasi dan informasi, energi alternatif, pertahanan, kehutanan, kerjasama antikorupsi, tenaga kerja Indonesia yang ada di Korea, pariwisata, dan kerjasama bilateral yang lain,” Presiden menambahkan.
Dalam kerjasama di bidang regional dan internasional, kedua pemimpin membahas tiga hal. Pertama, peran kedua negara dalam G-20 untuk mengatasi masalah perekonomian global. Kedua, sepakat meningkatkan kerjasama regional, utamanya forum ASEAN+3 agar ada langkah konkret selain Chiang Mai Inisiatif untuk dapat mengatasi masalah perekonomian di kawasan.
Ketiga dibahas juga kerjasama di bidang perubahan iklim. “Kami mengetahui komitmen Presiden Republik Korea yang tinggi terhadap upaya mengatasi perubahan iklim. Kami sepakat memainkan peranan penting pada konferensi PBB tentang perubahan iklim di Kopenhagen, Denmark, sebagai kelanjutan dari Bali Roadmap,” SBY menegaskan.
Sementara itu Presiden Korsel Lee Myung-bak mengucapkan terimakasih atas sambutan hangat yang diberikan pemerintah Indonesia kepada delegasi Korea. “Presiden Yudhoyono berbicara secara khusus tentang tenaga kerja Indonesia yang bekerja di Korea, saya memberikan perhatian khusus pada masalah itu. Tenaga kerja Indonesia di Korea memberikan kontribusi yang besar bagi Korea,” kata Myung-bak.
Presiden SBY mengatakan bahwa TKI mendapat perlakuan dan perlindungan yang baik. Jika ada permasalahan diselesaikan dengan baik secara bersama. Sebagaimana negara lain yang mengalami dampak perekonomian global, di Korsel juga ada PHK terhadap TKI. “Berkaitan dengan hal ini, saya berterimakasih bahwa ada crash program agar pekerja yang mengalami PHK diberikan tenggang waktu untuk mencari pekerjaan lain,” ujar Presiden.
“Saya meminta agar pekerja Indonesia diberi waktu yang cukup untuk dapat mencari pekerjaan lain sehingga mereka tidak harus kembali ke Indonesia. Jawaban beliau positif dalam arti ikut mencari solusi,” SBY menambahkan.
Presiden SBY dan Presiden Lee Myung-bak berkesempatan menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, nota kesepahaman pengembangan energi, nota kesepahaman kerjasama pendidikan, dan surat kesanggupan untuk proyek pesawat tempur. (presidensby.info)

Written by sbyinfo

March 9, 2009 at 11:07 am

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: