PRESIDEN SUSILO BAMBANG YUDHOYONO

Bekerja dengan Baik, Pilih yang Terbaik, Contreng Baik-baik

Presiden Hadiri Pertemuan Informal KTT ke-14 ASEAN

leave a comment »

10345

BERFOTO BERSAMA: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bersama pemimpin negara-negara ASEAN lainnya foto bersama pada pembukaan KTT ke 14 ASEAN di Hua Hin, Thailand, Sabtu (28/2/2009). (muchlis said/presidensby.info)

PRESIDEN Susilo Bambang Yudhoyono menghadiri pertemuan informal Kepala Negara/Pemerintahan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara dalam rangkaian Pertemuan Puncak (KTT) ke-14 ASEAN di Hua Hin, sebuah kota peristirahatan yang terletak 200 km selatan Bangkok, Thailand, Minggu (1/3) pagi.
Pertemuan informal yang dimulai sekitar pukul 08.30 WIB itu berlangsung selama lebih kurang 2,5 jam dan diikuti oleh Kepala Negara/Pemerintahan 10 negara anggota ASEAN.
Sebelumnya, Direktur Jenderal ASEAN Deplu RI Djauhari Oratmangun mengatakan bahwa pertemuan itu dijadwalkan membahas empat topik utama.
“Keempat topik yang akan dibahas adalah penerapan Piagam ASEAN, pertukaran pandangan mengenai isu regional dan internasional, memperkuat kerjasama regional dan hal-hal yang berkaitan dengan East Asia Summit (KTT Asia Timur),” katanya.
Pada topik penerapan Piagam ASEAN, lanjut dia, akan dipastikan bahwa dua cetak biru Komunitas ASEAN –cetak biru Komunitas Politik dan Keamanan serta cetak biru Sosial dan Budaya– dapat diadopsi.
Dalam cetak biru Komunitas Politik dan Keamanan ASEAN terangkum sejumlah isu antara lain demokratisasi, perlindungan HAM, pemberantasan korupsi, ekstradisi, penanganan penangkapan ikan ilegal, dan konvensi perdagangan manusia.
Sedangkan cetak biru Komunitas Sosial dan Budaya ASEAN merangkum isu-isu mengenai perlindungan dan promosi hak-hak pekerja migran, lingkungan hidup dan perubahan iklim, pengelolaan hutan secara berkelanjutan, toleransi antar umat beragama, serta pelestarian dan promosi warisan budaya.
Kemudian, lanjut dia, pada topik pertukaran pandangan tentang isu-isu kawasan dan internasional akan dibahas antara lain konflik Israel-Palestina, kasus Myanmar, normalisasi hubungan dua Korea, dan Inisiatif Chiang Mai.
Seusai pertemuan informal para Kepala Negara/Pemerintahan dijadwalkan menandatangani Deklarasi Peta Jalan Menuju Komunitas ASEAN 2009-2015.
“Deklarasi tersebut berisi tiga cetak biru Komunitas ASEAN,” katanya seraya menambahkan bahwa Deklarasi itu mencerminkan upaya ASEAN untuk menjawab tantangan secara lebih kongkrit dan tepat waktu.
Pertemuan puncak ke-14 merupakan kesempatan baik bagi ASEAN untuk menunjukkan pada dunia bahwa ASEAN masih sangat relevan. Sepuluh negara anggota ASEAN adalah suatu kesatuan yang utuh dari Komunitas Asia Timur yang lebih luas, yang telah dan akan menjadi motor pertumbuhan ekonomi dunia.
ASEAN beranggotakan 10 negara yaitu Brunei, Indonesia, Malaysia, Thailand, Myanmar, Filipina, Singapura, Laos, Kamboja dan Vietnam. Pertemuan puncak ke-14 ASEAN seharusnya diselenggarakan di Thailand pada penghujung Desember 2008 namun akibat gejolak politik di dalam negeri Thailand maka Pertemuan Puncak itu ditunda hingga Februari 2009. (Antara)

Written by sbyinfo

March 1, 2009 at 6:31 am

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: