PRESIDEN SUSILO BAMBANG YUDHOYONO

Bekerja dengan Baik, Pilih yang Terbaik, Contreng Baik-baik

Presiden Resmikan Monumen Dwikora-Trikora

with one comment

10331PRESIDEN Susilo Bambang Yudhoyono meresmikan monumen Dwikora dan Trikora di Mabes TNI Cilangkap Jakarta, Kamis (26/2). Peresmian monumen itu ditandai dengan penekanan tombol pembukaan selubung serta penandatanganan prasasti kedua monumen perjuangan tersebut.
Pada peresmian itu, Presiden Yudhoyono didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla, Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Prijanto. Monumen Dwikora merupakan simbol perlawanan Indonesia yang kala itu dipimpin Presiden Soekarno terhadap pembentukan Federasi Malaysia untuk mempersatukan tanah bekas jajahan Inggris di seluruh Asia Tenggara.
Pemerintah Indonesia menentang rencana itu karena bertentangan dengan politik Indonesia yang antikolonialisme dan imperaliasme dan secara prosedur rencana pembentukan itu akan membahayakan revolusi Indonesia. Oleh sebab itu, pada 17 September 1963 Indonesia memutuskan hubungan diplomatik dengan Malaysia.
Selanjutnya, pada 3 Mei 1964 dalam apel sukarelawan Presiden Soekarno mencanangkan Dwi Komando Rakyat (Dwikora) yang isinya “Perhebat Rakyat Malaya, Singapura, Sabah, Serawak, Brunei untuk Membubarkan Negara Bonek Malaysia”.
Sedangkan Monumen Trikora merupakan lambang perjuangan Indonesia untuk kembali merebut Irian Barat dari tangan penjajahan Belanda. Berbagai usaha perjuangan bersenjata, politik, dan diplomasi untuk mengembalikan Irian Barat ke Indonesia pun dilakukan disertai pencanangan Tri Komando Rakyat (Trikora) pada 19 Desember 1961 yang berisi “Gagalkan Pembentukan Negara Papua Buatan Belanda Kolonial, Kibarkan Merah Putih di Tanah Air Indonesia dan Bersiaplah untuk Mobilisasi Umum Guna Mempertahankan Kemerdekaan dan Kesatuan Tanah Air dan Bangsa,”.
Monumen yang berada di Kompleks Mabes TNI dibuka untuk umum mulai pukul 09.00 sampai 15.00 WIB. Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso mengatakan, pembangunan dua monumen itu merupakan persembahan dari generasi penerus bagi pejuang kesuma bangsa dan para senior yang telah mengorbankan jiwa dan raganya untuk kepentingan bangsa dan negara. Kedua monumen itu juga dapat menjadi wahana edukasi tidak saja bagi prajurit TNI tetapi juga generasi penerus bangsa pada umumnya. (Antara/presidensby.info)

Written by sbyinfo

February 27, 2009 at 6:31 am

Posted in Uncategorized

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. 14/03/2009

    Selamat Sore,
    Salam sejahtera kepada Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, semoga diberi kesehatan yang baik, kemudahan, kesabaran dan kekuatan dalam memimpin bangsa ini.
    Sebagai anak dari mantan prajurit yang bertugas dalam operasi trikora dan dwikora, kami mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian pemerintah terhadap para mantan prajurit yang telah melaksanakan tugas negara, hal tersebut membuat hati kami senang dan terharu.

    Sebagai kenang2an atas peristiwa itu kami mohon, jika memungkinkan tolong kami dikirimkan foto2 mengenai peresmian monumen Dwikora dan trikora via email dibawah ini.

    Sebelum dan sesudahnya kami ucapkan terima kasih atas perhatiannya.

    Salam hormat
    Abirul Walidain
    E-mail : abir51669@svsi.sanyo.co.id

    Abirul

    March 14, 2009 at 1:31 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: