PRESIDEN SUSILO BAMBANG YUDHOYONO

Bekerja dengan Baik, Pilih yang Terbaik, Contreng Baik-baik

Presiden: Indonesia Harus Perkuat Diplomasi dan Militer

leave a comment »

MONUMEN DWIKORA TRIKORAPRESIDEN Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, Indonesia harus memperkuat diplomasi dan militernya, untuk menghadapi perkembangan geopolitik regional dan global.
“Ke depan kita harus menjalankan diplomasi yang tepat guna melindungi kepentingan nasional. Perang merupakan jalan terakhir,” katanya, dalam peresmian Monumen Dwikora dan Trikora di pelateran Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Kamis (26/2).
Pada saat yang bersamaan, lanjut Kepala Negara, Indonesia juga harus memperkuat pertahanannya atau militernya. Meskipun Indonesia akan mengedepankan diplomasi dan pendekatan ‘soft power’, tetapi Indonesia tetap harus mengembangkan sistem pertahanan yang tangguh. Kalau kita ingin damai, maka kita harus pula bersiap untuk perang, manakala ada kekuatan lain yang mengancam keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tuturnya.
Kepala Negara mengemukakan, ke depan, situasi dunia, termasuk kawasan Asia akan terus berubah dan berkembang. Karena itu, Bangsa Indonesia perlu terus melakukan pencermatan disertai pembuatan perkiraan strategis secara terus menerus.
Yudhoyono juga menekankan, hubungan antarbangsa juga telah berubah pasca serangan teroris pada 11 September di Amerika Serikat, yang melahirkan varian dan konstelasi baru dalam hubungan internasional dibandingkan hakekat, dinamika dan anatomi hubungan antar bangsa pasca perang dingin.
“Namun, kepentingan dan tugas negara tidak akan pernah berubah. Tugas pokok TNI juga tidak akan pernah berubah, yaitu menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI apapun perkembangan yang terjadi pada tingkat dunia maupun tingkat kawasan,” tutur Yudhoyono.
Presiden mengatakan, setiap operasi militer yang dilaksanakan dalam Dwikora dan Trikora dapat menjadi bahan refleksi dan harapan untuk melihat ke depan, memahami konstelasi perkembangan geopolitik regional dan global sekaligus sebagai transformasi untuk membangun masa depan bangsa yang lebih baik dalam kerangka NKRI. (Antara)

Written by sbyinfo

February 27, 2009 at 6:35 am

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: