PRESIDEN SUSILO BAMBANG YUDHOYONO

Bekerja dengan Baik, Pilih yang Terbaik, Contreng Baik-baik

Presiden Yakin Thailand Selenggarakan KTT ASEAN dengan Baik

leave a comment »

PRESIDEN Susilo Bambang Yudhoyono percaya jika Thailand mampu menyelenggarakan pertemuan puncak ke-14 ASEAN dengan baik, pekan depan.
Keyakinan Presiden Yudhoyono itu dikemukakannya di Istana Merdeka Jakarta, Jumat (20/2), dalam sesi jumpa pers bersama dengan PM Thailand Abhisit Vejjajiva.
Presiden menilai keberhasilan penyelenggaraan KTT ke-14 ASEAN adalah suatu hal yang penting, mengingat dalam pertemuan tingkat Kepala Negara/Pemerintahan ASEAN itu akan dibahas agenda-agenda utama yang berpengaruh pada kelangsungan stabilitas kawasan di tengah badai krisis keuangan global.
“Ada dua agenda utama yaitu transformasi ASEAN berdasarkan piagam baru ASEAN dan kerjasama regional untuk atasi resesi global,” ujarnya. Selain kedua agenda itu, lanjut Presiden, para pemimpin ASEAN juga membicarakan kerjasama dwipihak dan kawasan untuk mengatasi penyelundupan manusia dan kejahatan transnasional lain. Melalui diskusi itu, kata Presiden, dapat diatasi masalah-masalah kawasan sebaik-baiknya.
Sementara itu, PM Thailand berharap pertemuan puncak ke-14 ASEAN dapat memajukan kawasan di berbagai bidang, antara lain demokrasi, ketahanan pangan dan energi, dan lain-lain. Ia juga mengatakan bahwa ASEAN sedang menyiapkan upaya penanganan krisis keuangan dalam kerangka ASEAN+3.
“Kami harap akhir pekan ini pertemuan para Menteri Keuangan ASEAN dapat menyepakati kerangka itu,” katanya seraya menambahkan bahwa hasil pertemuan itu akan menjadi salah satu masukan kawasan dalam pertemuan G20 di London, April mendatang.
Sementara itu akibat dari situasi politik Thailand yang tidak stabil, KTT ke-14 ASEAN yang seharusnya diselenggarakan pada Desember 2008 ditunda hingga 28 Febuari 2009. Sekalipun pemerintah Thailand memindahkan lokasi penyelenggaraan dari Bangkok ke kota di bagian utara, Chiang Mai, dengan alasan udara yang lebih sejuk namun unjuk rasa besar-besaran menuntut pengunduran perdana menteri membuat acara tersebut terpaksa ditunda.
Pendudukan bandara internasional Thailand oleh para pengunjuk rasa bahkan memaksa pengesahan pemberlakuan Piagam ASEAN dipindahkan ke Sekretariat ASEAN di Jakarta pada 15 Desember 2008. (Antara)

Written by sbyinfo

February 22, 2009 at 6:23 am

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: