PRESIDEN SUSILO BAMBANG YUDHOYONO

Bekerja dengan Baik, Pilih yang Terbaik, Contreng Baik-baik

Presiden SBY dan Hillary Clinton Bahas Isu Bilateral, Regional, dan Internasional

leave a comment »

PADA Kamis (19/2), tepat pukul 10.00 WIB, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Hillary Rodham Clinton, di Kantor Presiden. Presiden SBY langsung menyambut Hillary di halaman depan Kantor Presiden. Dalam pertemuan yang produktif tersebut, Presiden SBY menyambut baik upaya yang dilakukan kedua belah pihak sekarang untuk membangun kemitraan komprehensif.
“Sebagaimana diketahui, ini bermula dari seruan Presiden Yudhoyono sewaktu beliau mengunjungi Washington DC bulan November tahun lalu, mengenai perlunya terus dieksplorasi kemungkinan Indonesia dan Amerika Serikat membangun suatu kemitraan strategis,” kata Juru Bicara Kepresidenan Dino Patti Djalal, dalam konferensi pers yang digelar usai pertemuan. “Jadi pembicaraan membangun kemitraan komprehensif yang tentu elemen-elemen dan program-programnya perlu dibicarakan lebih lanjut tersebut disambut baik Presiden SBY,” lanjutnya.
Menlu Hillary Clinton memuji proses demokrasi Indonesia. Menurutnya, Indonesia adalah model bagaimana Islam, demokrasi, modernitas dan juga hak-hak wanita tumbuh bersamaan secara harmonis dalam satu negara. “Hillary menjelaskan bahwa politik luar negeri Amerika, banyak menekankan pada perlunya mendengar selain berbicara. Dan hal ini tercermin sekali dalam pembicaraan beliau dengan Presiden SBY,” jelas Dino kepada wartawan.
Dalam pembicaraan yang berlangsung selama lebih kurang 45 menit tersebut terbagi menjadi tiga isu yaitu isu bilateral, isu regional, dan isu internasional. ”Mengenai masalah bilateral, dibahas mengenai perlunya peningkatan kerja sama ekonomi atau menjaga momentum kerja sama ekonomi antara kedua negara,” Dino menerangkan. ”Perdagangan Indonesia dan Amerika Serikat tahun lalu, mencapai 20,1 milyar Dolar AS, dan investasi Amerika di Indonesia sampai 2008 mencapai sekitar 10,6 milyar dolar AS. Naiknya adalah nomor 13 dari para investor internasional,” kata Dino.
”Presiden SBY ingin, agar dalam suasana ekonomi, baik di Amerika maupun di Indonesia yang mengalami masa sulit setahun ini dan juga setahun mendatang, kerja sama ekonomi ini jangan sampai dikendurkan tapi malah perlu terus diaktifkan. Presiden SBY juga menekankan perlunya kerja sama di bidang pendidikan. Presiden menghargai Fulbright Scholarship yang dilanjutkan dan penandatanganan kerja sama AMINEF antara Amerika Serikat dan Indonesia. Presiden ingin agar lebih banyak lagi orang Indonesia yang belajar di Amerika Serikat,” tambahnya.
Presiden SBY sangat menghargai dukungan Amerika Serikat pada program Coral Reef Triangle yang diusung SBY, terutama ketika KTT APEC di Sydney dua tahun lalu. ”Intinya adalah upaya internasional untuk menjaga marine biological diversity di wilayah Indonesia Timur dan enam negara yaitu, Indonesia, Malaysia, Filipina, Timor Leste, Papua Nugini dan Solomon Island,” ujar Dino.
Di samping itu, Presiden SBY juga menghargai keikutertaan Indonesia dalam program Millenium Challenge Corporation Amerika Serikat. ”Status Indonesia dalam program ini dinaikkan dari eligible country menjadi compact eligible country,” tambah Dino. Kepada Hillary Clinton, Presiden SBY mengulang kembali undangan kepada Presiden Obama untuk mengunjungi Indonesia. Mudah-mudahan dalam tahun ini bisa terlaksana,” lanjutnya.
Menlu Hillary Clinton hadir didampingi antara lain, Duta Besar AS untuk Indonesia Cameron R. Hume, Assistant Secretary of State for East Asian and Pacific Affairs Christopher R. Hill, Assistant to the Chairman of the Joint Chiefs of Staff Paul J. Selva, dan Special Envoy for Climate Change Todd D Stern. Sementara Presiden SBY didampingi antara lain, Menko Polhukkam Widodo A.S., Plt. Menko Perekonomian Sri Mulyani, Menko Kesra Aburizal Bakrie, Mensesneg Hatta Rajasa, Seskab Sudi Silalahi dan Duta Besar RI untuk AS Sudjatnan Parnohadiningrat. (presidensby.info)

Written by sbyinfo

February 20, 2009 at 3:10 am

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: