PRESIDEN SUSILO BAMBANG YUDHOYONO

Bekerja dengan Baik, Pilih yang Terbaik, Contreng Baik-baik

Presiden Yudhoyono Terima Presiden Bank Pembangunan Asia

leave a comment »

PRESIDEN Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Senin (16/2) siang di Kantor Presiden menerima Presiden Asian Development Bank (ADB), Haruhiko Kuroda, yang datang didampingi Sekretaris ADB Shyam Bajpai, Kepala Penasehat Presiden ADB Suichi Hosoda, Deputi Dirjen ADB Asia Tenggara Tom Crouch, serta Direktur ADB untuk Indonesia, James Nugent.
Kepada Presiden SBY, Kuroda melaporkan, Sidang Tahunan ADB yang ke-42 akan diadakan di Bali tanggal 2 s/d 6 Mei 2009. Kuroda berharap, pertemuan yang akan dihadiri oleh 3.000 peserta ini dapat menjadi forum untuk membahas solusi-solusi terhadap krisis finansial global.
Preiden SBY menyambut gembira dipilihnya Indonesia menjadi tuan rumah Sidang Tahunan ADB. “Dipilihnya Indonesia menjadi tuan rumah ini menandakan kepercayaan yang tinggi. Pertemuan ini sangat penting, karena dilakukan pada saat momen terjadinya krisis ekonomi global, sehingga bisa mengkonsentrasikan forum untuk membahas mengenai solusi-solusinya,” ujar Plt. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian merangkap Menteri Keuangan, Sri Mulyani. Presiden SBY berharap, kata Sri Mulyani, Sidang Tahunan ADB tersebut tak hanya membahas agenda-agenda ADB sendiri, tetapi ADB juga diharapkan dapat memberikan peranan yang lebih tinggi dan bermanfaat di kawasan Asia sehingga bisa menjadi solusi dari krisis global.
Ditambahkan, dengan dipilihnya Indonesia sebagai tuan rumah Sidang Tahunan ADB, menunjukkan bahwa kepemimpinan Indonesia memiliki peranan secara regional maupun global di bidang ekonomi. Selain itu ADB juga telah berkomitmen untuk memberikan pinjaman siaga sebesar 1 miliar dolar AS kepada Indonesia. Sebesar 500 juta dolar AS dari pinjaman siaga tersebut sudah tersedia, sementara sisanya masih menunggu pembahasan mengenai peningkatan modal ADB di dalam Sidang Tahunan ADB di Bali. Pinjaman tersebut bisa digunakan apabila kondisi perekonomian melemah serta untuk mendanai public expenditure untuk mendukung perekonomian.
Dalam pertemuan tersebut, Presiden SBY didampingi Menteri Sekretaris Negara Hatta Rajasa, Sekretaris Kabinet Sudi Silalahi dan Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Pazkah Suzetta. (presidensby.info)

Written by sbyinfo

February 16, 2009 at 10:41 am

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: