PRESIDEN SUSILO BAMBANG YUDHOYONO

Bekerja dengan Baik, Pilih yang Terbaik, Contreng Baik-baik

Presiden Berharap Pertemuan ADB Hasilkan Solusi Krisis

leave a comment »

PRESIDEN Susilo Bambang Yudhoyono berharap agenda-agenda yang dibahas dalam pertemuan tahunan ke-42 ADB (Bank Pembangunan Asia) di Bali, dapat memberikan manfaat lebih bagi Asia dengan menghasilkan solusi krisis keuangan global.
“Presiden mengharapkan agenda-agenda yang dibahas ADB bisa memberikan peranan lebih bermanfaat di kawasan Asia sehingga bisa menjadi bagian dari solusi krisis ini,” kata Plt Menko Perekonomian sekaligus Menkeu Sri Mulyani di Kantor Kepresidenan Jakarta, Senin.
Menurut Sri Mulyani, Presiden Yudhoyono menyambut gembira pemilihan Indonesia sebagai tuan rumah pertemuan tahunan ke-42 ADB pada 2-5 Mei di Bali karena menunjukkan suatu kepercayaan yang besar dari ADB.
“Apalagi bersamaan dengan momen terjadinya krisis ekonomi global sehingga forum ini bisa konsentrasi membahas solusi-solusi krisis ekonomi global,” katanya. Menkeu menilai, pertemuan yang dihadiri oleh lebih dari 3.000 orang itu akan memberikan keuntungan bagi Indonesia.
“Pertemuan itu akan menempatkan Indonesia dalam posisi memiliki peranan tidak hanya di bidang domestik tapi juga secara regional dan global di bidang ekonomi,” ujarnya.
Presiden, lanjut dia, juga mengatakan bahwa sekalipun pada 2009 Indonesia memiliki dua agenda penting yaitu di bidang ekonomi –mengatur dan mengurangi dampak krisis global terhadap perekonomian nasional dengan kebijakan yang sudah digariskan– dan agenda politik yaitu pemilu legislatif dan pemilihan presiden dan wapres namun kedua agenda itu tidak akan mengganggu pertemuan.
Pada kesempatan itu Sri Mulyani dengan Kepala Bappenas Paskah Suzeta mendampingi Presiden Yudhoyono menerima Presiden ADB Haruhiko Kuroda. Kuroda akan bertolak menuju Bali guna memeriksa persiapan pertemuan itu. Ini adalah untuk kedua kalinya Indonesia menjadi tuan rumah, yang pertama adalah pada 1976 di Jakarta.
“Ini adalah pertemuan internasional pertama setelah G20. Dan akan menduduki peranan yg amat penting dalam mengatasi krisis global, dan diharapkan menjadi forum untuk membahas terutama dalam konteks Asia yang merupakan kawasan yang punya potensi tumbuh perekonomiannya secara positif,” kata Sri Mulyani.
Presiden ADB, lanjut dia, menyampaikan bahwa agenda dalam pertemuan tahunan itu antara lain penambahan modal ADB hingga 100-200 persen. “Tentu saja kenaikan ini akan membuat ADB lebih mampu untuk melakukan fungsinya dalam memberikan dukungan kepada agenda pembangunan di kawasan asia,” ujarnya.
Menurut Menkeu, jika ada penambahan modal hingga 200 persen ADB juga akan memberikan pinjaman sampai lebih dari 13 miliar dolar AS di kawasan Asia, terutama dalam rangka meminimalisasi krisis.
Sementara itu Presiden ADB menilai upaya Indonesia dalam menangani krisis dari sisi kebijakan domestik telah tepat, baik dari sisi reaksi kebijakan moneter maupun kebijakan fiskal termasuk dalam hal ini stimulus fiskal. Kuroda yang mengenakan kemeja batik abu-abu itu juga menyampaikan terima kasih atas dukungan Presiden Yudhoyono pada penyelenggaraan pertemuan tahunan ke-42 ADB.
Dalam keterangan persnya, Kuroda menjelaskan bahwa sejauh ini ia merasa puas dengan persiapan pertemuan itu. Lebih lanjut ia mengatakan bahwa 2009 adalah tahun kritis bagi perekonomian global. Pada Desember lalu kami memperkirakan pertumbuhan ekonomi Asia akan melambat menjadi 5,8 persen tahun ini, turun dari prediksi awal 6,9 persen. Indonesia diprediksikan akan melambat dari 6,1 persen tahun lalu menjadi 5 persen tahun ini. (Antara)

Written by sbyinfo

February 16, 2009 at 2:32 pm

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: