PRESIDEN SUSILO BAMBANG YUDHOYONO

Bekerja dengan Baik, Pilih yang Terbaik, Contreng Baik-baik

Presiden: Tidak Ada Permainan Politik Penentuan Harga BBM

leave a comment »

PRESIDEN Susilo Bambang Yudhoyono menegaskan tidak ada permainan politik saat menentukan harga jual bahan bakar minyak bersubsidi. “Kita tidak playing politic, tapi betul-betul memperhitungkan bagaimana stabilitas harga. Sekali keluarkan kebijakan ya tetap stabil, pemerintah betul-betul memantau dan ikuti pergerakan harga (minyak mentah dunia) saat melakukan penyesuaian,” kata Presiden dalam keterangan pers saat melakukan kunjungan kerja ke Kantor Pusat Pertamina di Jakarta, Kamis (12/2).
Kepala Negara menjelaskan mengapa premium diturunkan secara bertahap tiga kali adalah karena melihat perkembangan harga di pasar. Sekarang ini pemerintah belum dapat menentukan apakah akan turun lagi atau stabil, karena butuh pemantauan.
“Bila memang harus disesuaikan ya kita sesuaikan, setiap hari kita lihat perkembangan harga crude (minyak mentah) dan BBM. Dengan kebijakan yang sekarang ini harga premium, minyak tanah dan solar, pemerintah masih mengeluarkan subsidi yang tidak sedikit hingga kini kami melihat harga yang berlaku saat ini masih tepat,” kata Presiden Yudhoyono.
Pemerintah pada 6 November 2008 memutuskan untuk menurunkan harga jual bahan bakar minyak bersubsidi jenis premium dari Rp6.000 menjadi Rp5.500. Kemudian pada 14 Desember 2008, harga jual premium kembali diturunkan dari Rp.5.500 menjadi Rp5.000 dan solar dari Rp5.500 menjadi Rp4.800 mulai 15 Desemberi 2008. Selanjutnya mulai 15 Januari 2009, pemerintah menetapkan harga jual premium turun dari Rp5.000 menjadi Rp4.500 sementara solar dari Rp4.800 menjadi Rp4.500.
Dalam kunjungan kerja tersebut Presiden didampingi oleh Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro, Menko Polhukam Widodo AS, Mensesneg Hatta Radjasa, Mendag Mari Elka Pangestu, Menhub Jusman Syafii Djamal, Menteri Kelautan dan Perikanan Freddy Numberi dan Seskab Sudi Silalahi. (Antara)

Written by sbyinfo

February 13, 2009 at 7:46 am

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: