PRESIDEN SUSILO BAMBANG YUDHOYONO

Bekerja dengan Baik, Pilih yang Terbaik, Contreng Baik-baik

Presiden: Sukseskan Terus Reintegrasi Masyarakat Aceh

leave a comment »

PRESIDEN Susilo Bambang Yudhoyono meminta proses reintegrasi masyarakat Aceh terus dijaga dan disukseskan untuk kemajuan pembangunan daerah itu.
“Proses reintegrasi paska konflik harus dikawal, dipelihara dan disukseskan. Saya percaya membangun kepercayaan perlu waktu. Masih saya lihat dan dengar saling curiga meski skalanya makin kecil, dan itu biasa terjadi dalam proses reintegrasi,” katanya usai sholat Jumat di Masjid Baiturrahim Kompleks Istana Presiden Jakarta, Jumat (13/2).
Menurut Yudhoyono , proses penyatuan kembali masyarakat Aceh hendaknya tetap berlanjut meski Badan Rekonstruksi dan Rehabilitasi (BRR) Aceh akan mengakhir tugasnya pada April mendatang.
“Jangan sampai ini terganggu. Semua bertanggung jawab berhentinya konflik bersenjata, bertanggung jawab disepakatinya penghentian konflik, bertanggung jawab agar proses reintegrasi dan trust buliding berjalan baik. Bertanggung jawab pembangunan Aceh semakin baik ke depannya dan bertanggung jawab Aceh tetap dalam bingkai NKRI,” katanya.
Presiden juga mengulangi pesannya saat membuka Forum Koordinasi Aceh Nias IV di Balai Sidang Jakarta , Jumat pagi yang meminta agar proses pembangunan di Nanggroe Aceh Darussalam dan Nias pasca selesainya tugas BRR harus terus memiliki akuntabilitas, transparansi dan menjunjung azas pemerintahan yang bersih.
Presiden meminta pemerintah daerah, sejumlah departemen dan badan yang terlibat dalam pembangunan di Aceh dan Nias agar melakukan koordinasi sehingga tata kelola pemerintahan yang baik serta pembangunan berkelanjutan dapat dicapai.
“Saya mengharapkan kaidah-kaidah dari tata pemerintahan yang baik seperti transparan, akuntabel dan bersih dapat dilanjutkan dalam proses selanjutnya,” kata Presiden.
Ia menambahkan, pola tanggap darurat dan proses rehabilitasi pasca bencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh semua pihak saat terjadi bencana di Aceh maupun Nias akibat tsunami 26 Desember 2004 telah mendapat pengakuan secara internasional sebagai sebuah operasi kemanusiaan yang berhasil. “Ini diharapkan dijadikan model untuk mengatasi situasi darurat dan penanganan pasca bencana di berbagai daerah,” katanya. (Antara)

Written by sbyinfo

February 13, 2009 at 2:27 pm

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: