PRESIDEN SUSILO BAMBANG YUDHOYONO

Bekerja dengan Baik, Pilih yang Terbaik, Contreng Baik-baik

Presiden Bertemu Menlu Thailand

leave a comment »

PRESIDEN Susilo Bambang Yudhoyono didampingi Menteri Luar Negeri Hassan Wirajuda, Menteri Sekretaris Negara Hatta Rajasa, sekretaris Kabinet Sudi Silalahi dan Juru Bicara Presiden, Dino Patti Djalal, hari Rabu (11/2) menerima Menteri Luar Negeri Thailand, Kasit Piromya, di Kantor Presiden.
Dalam pertemuan, Menlu Thailand menyampaikan terimakasihnya kepada Presiden SBY karena telah menerima undangan untuk menghadiri KTT ASEAN yang akan diselenggarakan tanggal 27 Februari s/d 1 Maret 2009. Juru Bicara Presiden, Dino Patti Djalal mengatakan, Presiden SBY sudah dipastikan akan datang untuk menghadiri KTT ASEAN.
Selain itu, dalam pertemuan juga dibahas upaya-upaya peningkatan hubungan bilateral Indonesia – Thailand, mengingat kedua negara sahabat akan merayakan hubungan diplomatik yang ke 60 tahun. “Kami akan terus menjalin hubungan di segala aspek termasuk ekonomi, pendidikan dan budaya, investasi, politik dan keamanan,” ujar Kasit Piromya. Pemerintah Thailand menyampaikan terima kasih atas tawaran Indonesia untuk menyediakan bantuan dan saran untuk menyelesaikan masalah di Thailand Selatan, katanya.
Selain itu juga dibahas beragam kemungkinan kerja sama untuk mensukseskan Piagam ASEAN yang baru. “Utamanya keinginan dan niat tulus yang akan menjadikan ASEAN menjadi sebuah komunitas,” kata Menlu Thailand. “Kepemimpinan dan dukungan serta rekomendasi dari Indonesia sebagai negara demokratis, diperlukan untuk memajukan ASEAN. Tidak hanya kemajuan sosial di bidang ekonomi, tapi juga dalam pengembangan penegakan hukum, tata kelola pemerintahan dan nilai-nilai hak asasi manusia, dimana Indonesia telah berhasil mentransformasikan diri dan memimpin sebagian negara- negara ASEAN dalam hal ini,” paparnya.
Pihak Indonesia dan Thailand juga mendiskusikan kemungkinan untuk meningkatkan kerja sama untuk mengatasi kriminalitas. “tindakan kriminal yang terjadi di perbatasan seperti pembajakan, perdagangan manusia melalui jalur laut, penyelundupan,” paparnya.
Pekan depan, menurut Menlu Thailand, Perdana Menteri Thailand Abhisit Vejjajiva akan melakukan kunjungan kerja pertama kalinya, ke Indonesia. “Presiden akan senang hati menerima kunjungan PM Thailand yang baru, Abhisit pada tanggal 20 Februari 2009,” kata Dino Patti Djalal menanggapi penjelasan Menlu Thailand tersebut. (presidensby.info)

Written by sbyinfo

February 13, 2009 at 7:36 am

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: