PRESIDEN SUSILO BAMBANG YUDHOYONO

Bekerja dengan Baik, Pilih yang Terbaik, Contreng Baik-baik

Presiden Minta Pemadaman Listrik Segera Diatasi

leave a comment »

PRESIDEN Susilo Bambang Yudhoyono meminta, PLN terus mempercepat pembangunan proyek pembangkit listrik sehingga bisa mengurangi daerah yang mengalami kekurangan listrik.
“Agar betul-betul pemadaman listrik segera diatasi, arahnya sudah benar tetapi bisa lebih cepat lagi sehingga tidak ada satupun daerah di negeri ini yang kekurangan listrik di tahun-tahun mendatang,” kata Presiden dalam jumpa pers usai rapat kerja di Kantor PLN Jakarta, Senin (9/2).
Menurutnya, defisit listrik di beberapa daerah di luar jawa sudah mulai dikurangi yaitu dari 30 sistem pembangkit menjadi 16 sistem. “Saya dorong agar bisa dipercepat sehingga yang kekurangan listrik menjadi nol dan bisa ada surplus atau cadangan,” katanya.
Mengenai permasalahan lama dan besarnya biaya pembangunan sebuah pembangkit listrik, Presiden mengatakan untuk sementara kendala tersebut bisa diatasi dengan penggunaan pembangkit disel. “Solusi jangka pendek bisa dengan sewa disel, yang jika itu memerlukan dukungan APBN itu bisa menjadi kebutuhan mendesak untuk bisa kita berikan,” katanya.
Mengenai pembiayaan pembangkit dalam program pembangunan listrik 10.000 MW tahap pertama, Presiden meminta agar negosiasi dengan perusahaan China untuk pembiayaan terus dilanjutkan secara intensif. “Saya menginstruksikan kepada menteri-menteri terkait dan Dirut PLN untuk duduk bersama secara konklusif mencari solusi agar secara fisik pembangunan proyek 10.000 MW tahap pertama ini bisa dipercepat,” katanya.
Selain itu, presiden juga meminta PLN juga mengkaji kemungkinan mendapatkan pembiayaan dari sumber lain terutama dari bank-bank di dalam negeri. Namun, hal itu lanjut Presiden bukan menutup kesempatan untuk tetap digunakannya kerjasama pembiayaan pembangkit listrik dengan skema Independent Power Producer (IPP) atau pengembang listrik swasta.
“Skema atau format IPP tentu harus kita dorong. Saya mendapat laporan bahwa pembangunan 10.000 MW tahap II sudah ada panduan mana porsi PLN dan porsi IPP, demikian pula sumber pendanaannya,” katanya. (Antara)

Written by sbyinfo

February 8, 2009 at 4:07 pm

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: