PRESIDEN SUSILO BAMBANG YUDHOYONO

Bekerja dengan Baik, Pilih yang Terbaik, Contreng Baik-baik

Presiden Tegaskan Penundaan Pemekaran Daerah

leave a comment »

PRESIDEN Susilo Bambang Yudhoyono menegaskan bahwa kebijakan pemekaran wilayah daerah untuk sementara akan dihentikan untuk dievaluasi. “Karena itu saya sudah sampaikan kepada pimpinan DPR dan DPD, mari kita lakukan moratorium dulu,” kata Yudhoyono usai rapat terbatas di Kantor Presiden Jakarta, Jumat (6/2).
Menurut dia, semua jajaran pemerinta, DPRD, DPR, DPD, Wartawan, dan elite melihat permasalahan pemekeran secara matang dalam masa evaluasi ini. “Jangan ditambah lagi dengan pemikiran-pemikiran, yang terus terang, bukan solusi tapi masalah,” katanya.
Presiden mengatakan, pemekaran wilayah yang sudah dilakukan sebagian berhasil, sebagian lagi gagal karena dilakukan hanya untuk memenuhi kepentingan elite politik tertentu.
“Sebagian pemekaran berhasil dengan baik, sebagian pemekaran saya nilai sendiri tidak berhasil dengan baik apalagi kalau pemekaran itu hanya bertujuan untuk memenuhi kepentingan elite-elite tertentu, elite-elite lokal. Entah motivasi politik, entah motivasi ekonomi dan sebagainya dan bukan untuk meningkatkan pembangunan agar dengan pemekaran daerah menjadi maju, rakyat bertambah sejahtera. Banyak yang bukan itu,” katanya.
Menurutnya, sikap pemerintah mengenai pemekaran ini sudah jelas, yaitu harus sungguh memenuhi syarat-syarat mendasar untuk meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan rakyat di daerah yang dimekarkan. Persoalan pemekaran daerah kembali mencuat setelah unjuk rasa massa pendukung pemekaran wilayah Provinsi Tapanuli, Selasa (3/2), mengakibatkan tewasnya Ketua DPRD Sumut Abdul Azis Angkat. (Antara)

Written by sbyinfo

February 6, 2009 at 1:14 pm

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: