PRESIDEN SUSILO BAMBANG YUDHOYONO

Bekerja dengan Baik, Pilih yang Terbaik, Contreng Baik-baik

Presiden: Pemerintah Serius Jaga Stabilitas Harga Barang dan Jasa

leave a comment »

PEMERINTAH akan terus menjaga dan mengelola stabilitas pergerakan harga barang dan jasa, kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Senin ( 2/2) siang, usai memimpin rapat terbatas kabinet, di Kantor Kepresidenan. Ratas membahas evaluasi terhadap langkah-langkah stabilisasi harga berkaitan dengan kebijakan harga BBM dan perkembangan resesi perekonomian saat ini.
Menurut Presiden, bersamaan dengan penurunan tarif listrik untuk industri, maka sebagian komoditas dan bahan-bahan pokok itu mengalami penurunan secara sistematis. ”Sebagian stabil, satu dua mengalami kenaikan karena kenaikan itu sedikit sekali, dan itu bisa dijelaskan karena ada faktor-faktor tertentu seperti iklim dan cuaca yang menghambat distribusi dari barang itu. Oleh karena itu kita akan terus melakukan pengelolaan atau akan terus melaksanakan stabilisasi harga ini,” ujar SBY.
”Juga dilaporkan kepada saya, karena ini misi kita untuk menjaga daya beli masyarakat dikaitkan dengan kenaikan harga, termasuk kenaikan harga sembako, maka berulangkali saya mengatakan kalau melihat harga sembako, lihatlah secara utuh bagaimana kemampuan beli dari rakyat kita itu. Meskipun harganya relatif lebih murah tetapi kalau rakyat kita tidak mampu membeli, daya belinya tidak ada, ya berat. Meskipun barangkali dalam periode tertentu di manapun ada kenaikan harga, tetapi apabila daya belinya juga naik apalagi kenaikannya lebih besar, tentunya lebih baik dibandingkan kondisi yang lain,” katanya.
”Di sini dilaporkan dalam kurung waktu tahun 2004 hingga 2008, maka daya beli di atas atau lebih besar dari kenaikan harga, baik yang diangkat tadi petani, buruh maupun PNS. Persentasenya ada, silahkan dijelaskan nanti oleh Menteri Perdagangan. Dengan demikian kita bicara dengan fakta, bicara dengan angka untuk tidak terus berputar masalah-masalah ini yang tidak lengkap melihatnya,” ujar SBY. Yang penting adalah, kita akan terus menjaga atau mengelola stabilitas harga ini. “Di tingkat dunia tentu juga ada pergerakan-pergerakan, ada banyak faktor. Oleh karena itu kita harus sangat serius dan sangat cermat dalam mengelola dan menjaga satbilitas harga ini,” tambahnya.
“Selain itu, dengan penurunan harga BBM sebanyak tiga kali, dilaporkan oleh Menko Perekonomian dan Menteri Perhubungan, bahwa penurunan harga tarif angkutan yang sudah berlaku ada yang sekitar 10 hingga 19 persen, dan ada yang 20 persen atau lebih, termasuk jenis transportasi apa dan di kota mana saja di seluruh Indonesia,” kata Presiden. (presidensby.info)

Written by sbyinfo

February 2, 2009 at 11:23 am

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: