PRESIDEN SUSILO BAMBANG YUDHOYONO

Bekerja dengan Baik, Pilih yang Terbaik, Contreng Baik-baik

Presiden Indonesia dan Singapura Sepakati Batas Laut Segmen Barat

leave a comment »

PEMERINTAH Indonesia dan Singapura akhirnya menyepakati batas laut teritorial pada akhir tahun 2008 lalu, setelah melakukan perundingan yang dimulai sejak bulan Februari tahun 2005. Yang disepakati adalah Segmen Tengah atau Segmen Barat.
Hal ini dikatakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hari Senin( 2/2) siang, usai memimpin rapat terbatas kabinet, di Kantor Kepresidenan. Ratas ini juga membahas evaluasi terhadap langkah-langkah stabilisasi harga, berkaitan dengan kebijakan harga BBM dan perkembangan resesi perekonomian saat ini.
”Yang disepakati adalah Segmen Barat. Kalau Saudara tahu Pulau Nipah, di utara pulau itulah yang sudah disepakati batas laut teritorialnya. Hal ini sangat penting, karena melihat kawasan ini, kita selalu melihat dari dua cara pandang yaitu geo ekonomi dan geo politik. Dengan telah pastinya garis batas ini maka pengembangan ekonomi Indonesia di wilayah itu, termasuk kerjasama Indonesia dengan Singapura dan Malaysia, akan semakin baik,” kata Presiden.
“Saudara ingat kerja sama segitiga pertumbuhan Sijori (Singapura, Johor, Riau) dan juga kerja sama lainnya, apalagi kita telah menetapkan kawasan Batam, Bintan dan Karimun sebagai Free Trade Zone,” ujar SBY. Sementara dari aspek security atau geo politik, lanjut SBY, lebih jelas lagi mana wilayah kita dan mana wilayah Singapura. Dengan demikian kerja sama yang akan kita lakukan lebih baik lagi, tambahnya.
Presiden menjelaskan, batas laut teritorial antara Indonesia dan Singapura mendapatkan persetujuan bersama pada segmen tengah dari batas laut teritorial ini ditetapkan pada tahun 1973. ”Berarti 36 tahun yang lalu, setelah itu belum ada perundingan lanjutan dan kemudian bulan Februari 2005, dimulai lagi perundingan agar ada kemajuan setelah puluhan tahun terhenti. Allhamdulillah dengan perundingan yang sangat bersungguh-sungguh akhirnya dicapai kesepakatan. Saudara tahu negosiasi masalah perbatasan baik darat maupun laut selalu tidak mudah,” jelas Presiden. (presidensby.info)

Written by sbyinfo

February 2, 2009 at 11:19 am

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: