PRESIDEN SUSILO BAMBANG YUDHOYONO

Bekerja dengan Baik, Pilih yang Terbaik, Contreng Baik-baik

Presiden: Jangan Terjadi Gesekan Antara TNI dan Polri

leave a comment »

PRESIDEN Susilo Bambang Yudhoyono meminta para pimpinan TNI dan Polri untuk mengendalikan satuan-satuannya agar tidak terjadi lagi bentrokan antara aparat dua lembaga itu di lapangan. Pada acara pengarahan kepada peserta Rapat Pimpinan TNI dan rapat koordinasi Polri di Istana Negara, Jakarta, Kamis (29/1), Presiden mengingatkan TNI dan Polri adalah abdi negara yang sama-sama mengemban tugas penting.
“Saya ingin ke depan pimpinan TNI dan Polri lebih bisa mengendalikan lagi satuan-satuannya di lapangan agar tidak terjadi gesekan-gesekan,” kata Presiden. Menurut Presiden, pemisahan TNI dan Polri yang tadinya berada dalam satu struktur komando dimaksudkan agar dua lembaga negara itu bisa menjalankan tugasnya secara efektif sesuai dengan amanah konstitusi dan UU yang berlaku.
Meski demikian, Presiden mengingatkan, pemisahan itu bukan berarti tidak ada lagi koordinasi dan sinergi antara TNI dan Polri di lapangan untuk menjalankan tugasnya masing-masing. “Apalagi sampai terjadi konflik atau benturan di lapangan,” ujar Presiden.
Pada pengarahan kepada TNI dan Polri, Presiden menyampaikan penilaiannya terhadap kinerja dua lembaga tersebut selama 4,5 tahun terakhir. Presiden menilai TNI dan Polri berhasil melaksanakan tugas-tugas konstitusionalnya dan meminta agar prestasi tersebut dipertahankan sambil memperbaiki berbagai kekurangan.
Presiden menyampaikan apresiasinya terhadap TNI yang berhasil menjaga kedaulatan dan keutuhan negara sesuai dengan amanah konstitusi. “Dalam pelaksanaan tugas itu saya menilai TNI cakap, cepat, dan berhasil dalam tugas-tugas yang saudara laksanakan, baik itu tugas-tugas militer dan untuk peran-peran pertahanan,” tuturnya.
Presiden berharap TNI terus melaksanakan program pembangunan kekuatan dan modernisasi persenjataan serta melangsungkan reformasi internal. “Saya yakin apabila ketiga hal ini dilaksanakan, cita-cita TNI untuk menjadi tentara, profesional, modern, capable, dan dicintai rakyat akan terwujud,” katanya.
Sedangkan untuk kinerja Polri, Presiden Yudhoyono menilai bahwa kepolisian pada prinsipnya telah mampu melaksanakan tugasnya. Namun, Presiden mencatat ada tugas-tugas yang sangat berhasil dilaksanakan oleh kepolisian, dan ada juga yang tidak sepenuhnya berhasil.
Presiden menilai saat ini kejahatan premanisme masih meresahkan masyarakat dan membuat ekonomi berbiaya tinggi. Untuk itu, ia meminta agar Polri terus melakukan tindakan untuk membasmi premanisme yang kerap kali meresahkan masyarakat.
Presiden juga mencatat Polri belum sepenuhnya menang dalam memerangi kejahatan narkotika yang bersifat transnasional. Meski menurut Presiden Polri telah berhasil menangani kasus pembalakan liar, namun Kepala Negara menilai kepolisian masih harus bekerja keras menangani kejahatan pencurian laut.
“Ke depan, direction saya adalah pertahankan dan tingkatkan prestasi, dan perbaiki yang sebelumnya belum berhasil,” ujar Presiden.
Pada acara pengarahan yang dihadiri Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso dan Kapolri Jend Pol Bambang Hendarso Danuri serta beberapa menteri Kabinet Indonesia Bersatu, Presiden juga berpesan agar TNI dan Polri saling berkoordinasi untuk menjamin keamanan dan ketertiban Pemilu 2009. (Antara)

Written by sbyinfo

January 29, 2009 at 6:28 am

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: