PRESIDEN SUSILO BAMBANG YUDHOYONO

Bekerja dengan Baik, Pilih yang Terbaik, Contreng Baik-baik

Presiden Instruksikan Daerah Penuhi Anggaran Pendidikan

leave a comment »

PRESIDEN Susilo Bambang Yudhoyono menginstruksikan seluruh daerah baik kabupaten maupun kota untuk memenuhi anggaran pendidikan sebesar 20 persen dari total anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) masing-masing.
“Pemerintah termasuk pemerintah pusat akan terus membantu dan memfasilitasi pengembangan bagi dunia pendidikan dan saat ini telah diimplementasikan dalam anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) lebih dari Rp200 triliun atau 20 persen dari total APBN,” katanya di Malang, Selasa (27/1).
Presiden mengatakan hal itu dalam sambutannya pada acara peresmian kampus Universitas Islam Negeri (UIN) dan pemberian nama kampus itu menjadi UIN Syeh Maulana Malik Ibrahim. Lebih lanjut Presiden mengatakan, anggaran dari APBN sebesar itu untuk mewujudkan sistem dan tatanan pendidikan agar berkembang dan mampu menjawab tantangan ke depan akibat persaingan lebih berat sehingga harus dipersiapkan dengan pendidikan yang berkualitas.
Selain itu, katanya, anggaran itu juga untuk merehabilitasi sekolah rusak, kampus, pembangunan sekolah baru serta merehabilitasi ruang kelas.”Dana besar ini harus tepat guna dan tepat sasaran,” katanya menegaskan. Hanya saja, lanjut Presiden, semua anggaran termasuk anggaran pendidikan yang telah diberi porsi cukup besar dari APBN itu harus disinergikan dengan anggaran dari provinsi maupun daerah (kabupaten dan kota) masing-masing.
Menurut dia, penanganan pendidikan sudah diamanatkan dalam UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) serta UU Nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen sehingga harus dilaksanakan.
Menyinggung keberadaan UIN Syeh Maulana Malik Ibrahim, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berharap, UIN mampu mengembangkan keilmuan yang khas dengan memadukan ilmu agama (pesantren) dan ilmu modern apalagi mahasiswa juga diwajibkan menguasai minimal dua bahasa asing yakni Arab dan Inggris. “Saya berharap UIN juga mampu menjadi bagian integral dari pendidikan dan tidak akan kehilangan jati dirinya bahkan perpaduan antara gaya pesantren dengan modern bisa menjadi suri tauladan yang menyejukkan berdasarkan Al Quran dan Hadits,” tambahnya. (Antara)

Written by sbyinfo

January 27, 2009 at 10:17 am

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: