PRESIDEN SUSILO BAMBANG YUDHOYONO

Bekerja dengan Baik, Pilih yang Terbaik, Contreng Baik-baik

Presiden: Indonesia Harus Serius Tingkatkan Kemandirian

leave a comment »

PRESIDEN Susilo Bambang Yudhoyono menegaskan agar bangsa Indonesia serius meningkatkan kemandirian bangsa agar dapat menjadi bangsa yang unggul di era globalisasi. “Kita harus serius meningkatkan kemandirian bangsa. Tapi bukan berarti kita mengisolasi diri dari dunia,” kata Presiden Yudhoyono dalam orasi ilmiahnya pada dies natalis ke-46 Universitas Brawijaya Malang, Selasa (27/1).
Menurut Kepala Negara, dalam upaya mencapai kemandirian tersebut seluruh pihak harus turut berperan serta dengan memadukan sumber daya, ilmu pengetahuan dan budaya. Kepala Negara menambahkan, dengan kemandirian maka ketahanan bangsa terhadap ancaman berbagai macam krisis akan lebih teruji di era globalisasi ini. Presiden juga mengatakan perlunya pemerataan agar seluruh lapisan masyarakat dapat memperoleh manfaat dari pembangunan semesta yang tetap memperhatikan lingkungan.
Untuk mencapai pembangunan semesta dan kemandirian itu, menurut Kepala Negara, ada sejumlah ‘pekerjaan rumah’ yang menanti pemerintah antara lain, pengurangan kemiskinan, penciptaan lapangan kerja, upaya mewujudkan ketahanan pangan, energi dan sumber daya, penguatan pemerintah daerah, dan upaya mewujudkan negeri yang aman, nyaman dan stabil.
Presiden mengajak seluruh pihak, termasuk keluarga besar Universitas Brawijaya ikut mengelola negeri dengan visi yang tepat, manajemen yang efektif serta semangat persatuan dan kerja keras. Pada kesempatan itu Kepala Negara juga mengingatkan perlunya pembangunan ekonomi yang berkeadilan sosial dan bertumpu pada sektor riil yang kuat sehingga tidak mudah terpengaruh oleh ketidakstabilan perekonomian global.
“Jangan menggantungkan diri pada ekspor semata, perkuat ekonomi, perkuat pasar domestik. Kalau pasar domestik kuat, kalau terjadi apa-apa di dunia tidak akan ada pengaruhnya,” katanya.
Kepala Negara juga meminta agar masing-masing daerah dapat muncul dengan keunggulannya yang kompetitif dan kooperatif serta tidak bergantung pada pinjaman luar negeri. “Mari kita lindungi yang miskin, sektor riil, jangan ada PHK,” katanya.
Dalam rangka dies natalis ke-46 Universitas Brawijaya, Presiden Yudhoyono menyampaikan orasi ilmiah bertajuk ‘Pembangunan Ekonomi Indonesia Dalam Era Globalisasi di Abad 21’ yang berlangsung lebih kurang 45 menit dihadapan ratusan akademisi.
Seusai melakukan orasi Presiden dan Ibu Ani melakukan peninjauan ke Rumah Pintar Universitas Brawijaya yang baru saja diresmikan oleh Ibu Ani. Rumah Pintar adalah salah satu program Indonesia Pintar yang dikelola oleh Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB).
Selain Rumah Pintar, sebagai sarana menjangkau anak-anak yang tidak memiliki akses pada buku, komputer dan ilmu pengetahuan, Indonesia Pintar juga memiliki Motor Pintar, Mobil Pintar dan Kapal Pintar yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia.
Program yang digagas oleh Ibu Ani itu telah mendapat apresiasi positif dari Badan PBB urusan Sosial-Budaya (UNESCO) dan diterapkan di sejumlah negara. (Antara)

Written by sbyinfo

January 27, 2009 at 9:54 am

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: