PRESIDEN SUSILO BAMBANG YUDHOYONO

Bekerja dengan Baik, Pilih yang Terbaik, Contreng Baik-baik

Presiden Minta Pembangunan Rumah Penduduk Diprioritaskan

leave a comment »

PRESIDEN Susilo Bambang Yudhoyono meminta Pemerintah Kabupaten Manokwari untuk memprioritaskan pembangunan rumah penduduk yang rusak akibat gempa bumi 4 Januari 2009.
Dalam pengarahannya kepada Pemerintah Kabupaten Manokwari di Kantor Bupati Manokwari, Papua Barat, Kamis (22/1), Presiden mengatakan pembangunan rumah penduduk harus didahulukan agar para pengungsi dapat kembali ke rumah masing-masing.
Presiden Yudhoyono mengatakan penanganan tahap tanggap darurat pasca gempa di Manokwari dan Sorong, Papua Barat, telah berakhir dan kini telah memasuki tahap rehabilitasi dan rekonstruksi.
“Dalam tahap rehabilitasi dan rekonstruksi ini akan disusun tahapan dan prioritas. Perhatikan betul agar segera membangun rumah penduduk sehingga pengungsi dapat kembali ke rumah,” tutur Presiden.
Menurut Bupati Manokwari Dominggus Mandacan yang memberikan paparan di hadapan Presiden Yudhoyono, gempa bumi berkekuatan 7,6 Skala Richter (SR) pada 4 Januari 2009 telah menyebabkan kerusakan 5.574 rumah penduduk, 83 kantor pemerintah, 113 gedung sekolah, 21 unit jembatan, dan 11 ruas jalan.
Gempa tersebut, menurut Bupati Manokwari, menimbulkan kerugian senilai Rp540 miliar dengan jumlah kerugian terbesar pada kerusakan rumah penduduk.
Dalam kunjungan kerjanya ke Manokwari, Presiden Yudhoyono menyerahkan bantuan senilai Rp4,7 miliar kepada Kabupaten Manokwari. Bantuan itu di antaranya untuk rehabilitasi 2.019 rumah yang rusak berat dan 4.006 rumah yang rusak ringan.
Presiden meminta Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Provinsi untuk mengambil inisiatif memperbaiki kerusakan ringan dan sedang akibat gempa bumi. Untuk kerusakan berat, lanjut Presiden, pemerintah pusat akan turun tangan membantu pemerintah kabupaten dan provinsi.
Pemerintah pusat, menurut Presiden, telah mengalokasikan dana Rp510 miliar untuk tahap rehabilitasi dan rekonstruksi pasca gempa di Manokwari dan Sorong. Presiden mengatakan pemerintah mempertimbangkan mahalnya bahan material di Provinsi Papua Barat untuk memutuskan nilai dana yang dialokasikan.
Sejak terjadinya gempa bumi 4 Januari 2009 yang menewaskan empat orang di Manokwari dan Sorong, Pemerintah Kabupaten Manokwari telah mengeluarkan dana senilai Rp1,25 miliar dan menerima donasi Rp480 juta dari berbagai pihak.
Saat ini, korban gempa umumnya telah kembali ke rumah masing-masing namun kerusakan rumah mereka belum diperbaiki. Sejak terjadinya gempa bumi berkekuatan 7,6 SR pada 4 Januari 2009, Manokwari terus digoyang gempa dengan kekuatan yang lebih kecil.
Hingga 19 Januari 2009, tercatat telah terjadi 83 kali gempa bumi di wilayah utara Pulau Papua itu. Dalam kunjungan kerjanya ke Manokwari, Presiden Yudhoyono hanya mendengarkan paparan Bupati Manokwari dan berdialog dengan 30 korban gempa yang hadir di kantor bupati.
Presiden juga menyaksikan foto dampak gempa bumi serta video penanganan gempa. Namun, Presiden Yudhoyono tidak meninjau langsung lokasi yang mengalami kerusakan akibat gempa bumi 4 Januari 2009. (Antara)

Written by sbyinfo

January 22, 2009 at 10:05 am

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: