PRESIDEN SUSILO BAMBANG YUDHOYONO

Bekerja dengan Baik, Pilih yang Terbaik, Contreng Baik-baik

Presiden: Tahun Ini Kita Berjuang untuk Bangkit Kembali

leave a comment »

KARENA krisis keuangan global, hampir pasti tingkat ekspor turun. Sementara itu kekuatan kawasan Batam, Bintan, serta Karimun terletak pada ekspornya. Demikian dikatakan  Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY),  saat bertemu dengan para pengusaha di Turi Beach Resort, Senin (19/1) siang.
“Saya minta pengertian, marilah kita sadari kalau memang pasar dunia sedang susah dan sedang menciut. Tahun ini kita harus berjuang untuk pada saatnya nanti kita bangkit kembali. Tapi saya juga berharap penurunan ekspor di kawasan Free Trade Zone maupun secara nasional, tidak turun terlalu dalam,” kata Presiden.
“Sejak September tahun lalu, pemerintah Indonesia bekerjasama dengan Bank Indonesia bersama-sama dunia bisnis melakukan langkah-langkah yang cepat dan tepat. Sudah saya keluarkan berbagai kebijakan khusus seperti Peraturan Pemerintah pengganti Undang-undang, insentif, stimulus dan sebagainya. Ini semua untuk menenangkan pasar, juga untuk memperingan dunia usaha, dengan demikian pergerakan sektor riil bisa kita jaga,” jelasnya.
Kepada para pengusaha yang hadir Presiden mengatakan, resesi terjadi karena jatuhnya permintaan. Solusinya menurut SBY adalah menjaga permintaannya. “Kalau permintaannya tidak ada, saudara-saudara memproduksi barang dan jasa, siapa yang akan beli. Apalagi kalau harganya mahal. Yang bisa dilakukan pemerintah untuk membantu adalah fiscal driven counter policy ataupun yang bersama-sama dengan dunia usaha public private partnership dalam mengatasi resesi perekonomian ini,” SBY menerangkan.
SBY juga mengajak masyarakat yang mampu membeli untuk terus membeli. “Jangan berhenti untuk belanja. Banyak yang mempunyai kemampuan untuk membeli. Saya datang ke mall, ke tempat hiburan dan mereka masih berbelanja. Biarkan bisnis seperti biasa, dalam arti yang positif. Pendapat saya ini sama dengan pendapat Lula dari Brasil dan Kevin Rudd dari Australia,” tambahnya.
“Dunia usaha dan rakyat memiliki kesulitan, pemerintah berbagi. Kami mengeluarkan kebijakan insentif, membebaskan sejumlah pajak, memberikan keringanan-keringanan fasilitas agar sektor riil bisa lebih mudah. Kami turunkan BBM, tarif angkutan, listrik untuk industri agar biaya produksi turun. Kalau turun ongkos produksinya, harganya murah, rakyat bisa membeli,” ujar Presiden SBY. (presidensby.info)

Written by sbyinfo

January 19, 2009 at 4:25 pm

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: