PRESIDEN SUSILO BAMBANG YUDHOYONO

Bekerja dengan Baik, Pilih yang Terbaik, Contreng Baik-baik

Presiden Minta Semua Depo Aman Pasca Peristiwa Plumpang

leave a comment »

PRESIDEN Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan kasus terbakarnya Depo BBM Plumpang, Jakarta Utara, Minggu (18/1) malam menjadi bahan introspeksi untuk memastikan agar seluruh depo di Indonesia aman.
“(Kasus itu) menjadi pekerjaan rumah kita untuk memastikan seluruh depo di Indonesia aman,” kata Presiden Yudhoyono dalam acara peresmian kawasan perdagangan bebas Batam, Bintan dan Karimun di Batam, Senin (19/1).
Menurut Presiden, mendesaknya permasalahan itu mengakibatkan ia harus menunda keberangkatannya ke Batam hingga satu jam untuk menggelar rapat bersama sejumlah menteri dan pejabat terkait. “Keberangkatan dari Jakarta mundur satu jam karena saya harus memimpin rapat penting di Bandara Halim akibat kecelakaan di Depo BBM Plumpang,” jelasnya.
Presiden mengatakan, pasca kecelakaan seluruh sistem telah berjalan dan api telah dapat dipadamkan pada pukul 06.30 WIB. “Investigasi juga telah dilakukan, diduga ada peralatan mesin yang tidak berfungsi,” katanya.
Lebih lanjut Kepala Negara mengatakan bahwa tangki yang terbakar adalah satu dari lebih dari 20 tangki di Depo Plumpang sehingga diharapkan tidak ada gangguan pasokan BBM di kawasan Jabodetabek.
Presiden meminta agar jangan ada spekulasi terlalu jauh yang mengaitkan kebakaran Depo Pertamina di Plumpang, Jakarta Utara, dengan aksi terorisme. “Saya mendengar ada yang khawatir kalau ini sabotase ataupun aksi terorisme. Saya mengajak untuk tidak perlu terlalu jauh berspekulasi,” kata Presiden.
Meski demikian, Presiden meminta agar peristiwa kebakaran tersebut diselidiki secara menyeluruh agar dapat dijelaskan kepada publik. “Namun, semua kita serahkan pada pihak yang melaksanakan investigasi, baik itu ahli yang memahami betul instrumen dan mesin ini, kemudian kepada petugas Pertamina sendiri, dan kepolisian dengan harapan semua nantinya bisa dijelaskan kepada publik,” tuturnya.
Secara tegas, Presiden meminta apabila benar terjadi kesalahan teknis, maka pihak yang bersalah harus diberi sanksi. Presiden juga meminta masyarakat untuk tenang dan tidak panik menyikapi kebakaran tersebut.
Presiden telah menginstruksikan kepada pejabat terkait untuk menjamin pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) di wilayah Jabodetabek agar jangan sampai terganggu. “Kita pastikan pasokan BBM di Jabodetabek tidak terganggu. Oleh karena itu pagi ini (Senin) sistem akan segera merespon dan para pejabat terkait akan datang ke lapangan untuk memastikan tidak ada gangguan apa pun dari pasokan bahan bakar minyak ini,” jelas Presiden.
Presiden mengatakan, ia memantau peristiwa kebakaran yang terjadi di tanki premium nomor 24 Depo Pertamina Plumpang sejak Minggu malam dan terus menerima laporan dari pejabat terkait seperti Menko Polhukam Widodo AS, Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro, Kapolri Jend Pol Bambang Hendarso Danuri, serta Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo.
“Sebagaimana yang saya instruksikan tadi malam, semua harus diarahkan untuk memadamkan kobaran api terlebih dahulu agar tidak mengancam tanki-tanki BBM yang lain dan juga tidak mengancam keselamatan warga. Alhamdulillah Api telah dapat dipadamkan tadi pagi,” tuturnya.
Presiden mengatakan ia telah menginstruksikan agar peristiwa kebakaran itu diinvestigasi lebih lanjut, dan juga telah mendapatkan laporan dari para pejabat terkait tentang langkah-langkah selanjutnya guna menjamin ketersediaan BBM di wilayah Jabodetabek. “Saya berharap masyarakat bisa memahami dan tenang. Yang penting kita padamkan api itu dan kita jaga kesinambungan dari pasokan bahan bakar minyak,” demikian Presiden. (Antara)

Written by sbyinfo

January 19, 2009 at 8:20 am

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: