PRESIDEN SUSILO BAMBANG YUDHOYONO

Bekerja dengan Baik, Pilih yang Terbaik, Contreng Baik-baik

Presiden: Penyelesaian Masalah Banjir Harus Bersifat Strategis

leave a comment »

PRESIDEN Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan, penyelesaian masalah banjir di DKI Jakarta harus bersifat strategis dan terencana sehingga didapatkan penyelesaian secara menyeluruh. Usai mendengarkan paparan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo di Kantor Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta, Rabu (14/1), Presiden Yudhoyono mengingatkan pemerintah daerah untuk tidak hanya bersikap reaktif dalam penanganan bencana tersebut.
“Kita sudah pernah bahas bahwa tidak bisa reaktif dalam penanganan banjir, karena itu `master plan` yang sudah ditetapkan hendaknya dijalankan. Saya menyadari tentu memerlukan biaya besar karena itu laksanakan secara bertahap,” katanya.
Presiden mengingatkan Pemprov DKI untuk menyiapkan langkah-langkah pencegahan sebelum banjir terjadi dan juga memiliki langkah antisipasi bila hal tersebut sudah terjadi. Beberapa hal yang ditekankan Kepala Negara sebagai upaya pencegahan antara lain mendorong pelaksanaan penghijauan kembali lahan-lahan, penyelesaian pembangunan proyek kanal banjir timur dan perbaikan drainase di wilayah Jakarta.
“Drainase dapat diperbaiki dan berfungsi kembali. Percuma saja bila di hulu kita cegah dan kita bangun kanal banjir namun drainase buruk, tentu akan ada genangan,” paparnya.
Hal lain yang disampaikan Presiden pada jajaran Pemprov DKI Jakarta sebagai langkah pencegahan banjir adalah penambahan daerah-daerah resapan terutama pada pemukiman-pemukiman dan saran lain yang baru dibangun.
“Untuk resapan, biasanya bila pengembang tidak diingatkan untuk membangun itu tentunya akan dilupakan. Sedikit dipaksa saja untuk membuat itu karena itu hanya di titik-titik tertentu saja kan,” paparnya. Sedangkan langkah antisipasi yang harus diambil oleh Pemprov DKI, kata Presiden, antara lain pentingnya peringatan dini datangnya banjir dan juga pengaturan pintu air.
Kepala Negara meminta aparat Pemprov DKI Jakarta juga melakukan pendekatan yang baik pada masyarakat, termasuk pada para walikota di lima wilayah Jakarta agar mampu mencari solusi penanganan banjir di wilayahnya masing-masing.
Presiden Yudhoyono dalam peninjauan itu didampingi oleh Menko Kesra Aburizal Bakrie, Menhub Jusman Syafii Djamal, Mensesneg Hatta Radjasa, Kapolri Jenderal (Pol) Bambang Hendarso Danuri, Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso. Dari jajaran Pemprov DKI Jakarta selain Gubernur, juga hadir walikota dari lima wilayah di DKI Jakarta. (Antara)

Written by sbyinfo

January 14, 2009 at 11:27 am

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: