PRESIDEN SUSILO BAMBANG YUDHOYONO

Bekerja dengan Baik, Pilih yang Terbaik, Contreng Baik-baik

Presiden: Pertumbuhan Ekonomi 2009 di Atas 4,5 Persen

leave a comment »

PRESIDEN Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan pertumbuhan ekonomi di atas 4,5 persen pada 2009 realistis untuk dicapai. Pada konferensi pers setelah memimpin rapat di Departemen Keuangan, Jakarta, Rabu (31/12/2008), Presiden Yudhoyono mengatakan angka pertumbuhan ekonomi di atas 4,5 persen pada 2009 cukup konservatif di tengah krisis keuangan dunia yang membuat hampir setiap negara menurunkan target pertumbuhannya.
“Kita harap tahun depan meski ada perlambatan pertumbuhan bisa memelihara angka yang pantas. Konservatifnya di atas 4,5 persen, itu angka yang realistik,” tutur Presiden. Dengan langkah-langkah kebijakan ekonomi yang telah disiapkan pemerintah, Presiden Yudhoyono optimistis target pertumbuhan ekonomi di atas 4,5 persen itu akan tercapai.
Presiden menegaskan pemerintah telah siap untuk mengatasi berbagai kemungkinan yang terjadi sebagai dampak dari krisis keuangan dunia baik dari segi fiskal maupun kebijakan.
Presiden menyebutkan tujuh prioritas perekonomian Indonesia pada 2009 telah dirumuskan secara baik oleh pemerintah, yaitu membatasi pengangguran akibat resesi dunia, mengelola inflasi, menjaga gerak sektor riil, memertahankan daya beli masyarakat, melindungi ekonomi kaum miskin, memelihara kecukupan pangan dan energi, serta memelihara pertumbuhan ekonomi.
Untuk menjaga gerak sektor riil, Presiden menyebutkan, pemerintah telah menyiapkan paket stimulus ekonomi yang telah tercakup dalam APBN 2009, di antaranya adalah proyek-proyek infrastruktur senilai Rp32 triliun di Departemen Pekerjaan Umum (PU) dan di Departemen Perhubungan senilai Rp16 triliun.
Namun, pemerintah juga menyiapkan paket stimulus lain yang belum termasuk dalam APBN 2009 dan tengah dihitung nilainya oleh Menteri Keuangan. “Sekarang sedang dihitung, ada sejumlah dana lagi akan digunakan sebagai bagian dari paket stimulus baru di luar dana yang sudah direncanakan dalam APBN 2009,” tutur Presiden.
Paket stimulus ekonomi tersebut, lanjut Kepala Negara, disesuaikan dengan kemampuan anggaran negara guna menyelamatkan gerak sektor riil dan menciptakan lapangan pekerjaan. (Antara)

Written by sbyinfo

January 1, 2009 at 6:49 am

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: